Header Ads

Dikbudpora Bima Gelar Sosialisasi Pelaporan Data Sistem Informasi Pendidikan


Bima, Media NTB - Dikbudpora Kabupaten Bima menggelar kegiatan sosialisasi Pelaporan Data Sistem Informasi Pendidikan ( SIP) dan Penyerahan SK / Insentif Bagi Operator Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Se – Kabupaten Bima dan dirangkaikandengan penyerahan SK / Insentif Operator sekolah Se – kabupaten Bima. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Bima, Kepala Dinas Dikbudpora kabupaten Bima beserta jajaranya serta para Operator Sekolah SD dan SMP yang berada di wilayah Kabupaten Bima dan dilaksanakan di gedung Kurnia Kecamatan Bolo pada hari Kamis  ( 24/10).



Menurut Laporan Ketua Panitia pelaksana Dr. Juwaidin, M.Pd bahwa kegiatan ini selain dihadiri oleh Kepala Dinas dan Jajaran Dikbudpora, juga dihadiri oleh seluruh operator sekolah Dasar dan Sekolah Menengah pertama se – kabupaten Bima dengan jumlah 548 orang tenaga operator di 18 kecamatan. Dari jumlah tersebut dibagi dalam dua bagian, untuk operator sekolah tingkat Sekolah Dasar berjumlah 414 operator sekolah dasar dan 134 operator sekolah menengah pertama serta 18 operator di masing – masing kecamatan. 



Keberadaan operator sekolah ini, tidak bisa dianggap remeh dan dipandang sebelah mata, hal ini dikakrenakan operator merupakan salah satu bagian yang sangat berperan  dalam penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Bima. “ Kesuksesan penyelenggaraan pendidikan juga tidak terlepas dari peran  penting para operator pendidikan, sama pentingnya dengan keberadaan para guru – guru di sekolah dan Seorang operator lanjut dia, harus amanah dan jujur, karena memiliki kemampuan mengakses dan mengendalikan data pendidikan. Ungkapnya.


Sementara itu menurut Kepala Dikbudpora Kabupaten Bima Zunaiddin, S.Sos, MM menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini dalam rangka untuk mengelola system pendidikan di wilayah Kabupaten Bima dengan basis data yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi demi mewujudkan basis data yang relasional sehingga mampu menghasilkan data yang berkualitas yang diimput melalui aplikasi. Sekaligus menyamakan persepsi dan pemahaman serta memberikan infomasi kebijakan pendataan, meningkatkan kapasitas operator sekolah mengenai cara penginputan dan pembaharuan data yang terdapat dalam aplikasi Dapodik versi 2019.


Oleh karna itu kepada para operator sekolah melalui kegiatan ini dapat melakukan pelaporan sesuai dengan fakta / riil di lapangan sehingga dapat menyamakan persepsi terkait dengan mengakses data pendidikan.



Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE mengatakan bahwa dengan adanya sosialisasi Sistem Informasi Pendidikan bagi operator ini dalam rangka menyamakan persepsi sehingga dalam melakukan pelaporan seorang operator pendidikan dapat melaporkan secara cermat , tepat sesuai dengan program yang dijalankan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Bima, sehingga kedepanya dapat menyamakan persepsi dalam rangka peningkatan dunia kependidikan, terutama kondisi riil di sekolah.



Untuk itu  kepada para operator dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dalam rangka peningkatan dunia pendidikan sehingga kedepannya baik para operator dengan Dikbudpora bisa bersama – sama membangun dunia pendidikan kearah yang lebih baik guna menciptakan generasi penerus bangsa.


Momentum tersebut ditandai dengan penyerahan secara simbolis penyerahan kartu nomor unit tenaga pendidik dan tenaa kependidikan yang diwakili oleh 2 orang tenaga operator serta penyerahan SK. Penetapan tenaga Admin / Operator datadik Sekolah pendidikan dasar Kabupaten Bima secara simbolis di terima oleh 10 orang tenaga. Penyerahan tersebut langsung diserahkan oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE didampinggi oleh Kepala Dinas Dikbudpora kabupaten Bima.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.