Header Ads

Lokakarya Evaluasi Implementasi KKN Tematik Adminduk Digelar


Bima, Media NTB - Lokakarya Evaluasi Implementasi KKN Tematik Adminduk Di Gelar. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium STKIP Tamsis Bima pada hari Kamis  (24/10). Kegiatan ini dibuka oleh Bupati diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bima Ir. 



H.Nurdin.  Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Kepala Dinas Disdukcapil Kabupaten Bima beserta jajaranya, Ketua Lembaga STKIP Tamsis Bima, Para Mahasiswa / Mahasiswi, para narasumber, KOMPAK BIma , LPA Kabupaten Bima, LPPM STKIP Tamsis Bima, LPPM STISIP Mbojo, LPPM IAI Muhammadiyah Bima, LPPM STKIP Bima dan LPPM STIE Bima.



Ir. H. Nurdin menyampaikan bahwa Seperti kita ketahui bersama bahwa pelayanan dokumen kependudukan merupakan pelayanan dasar yang dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu pemerintah daerah dituntut untuk melakukan pelayanan yang maksimal. Selaras dengan hal tersebut terkait dengan pelaksanaan tridharma Perguruan Tinggi yang menjalankan fungsi mendidik, meneliti dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Berdasarkan kesepakatan yang disepakati dengan beberapa Perguruan Tinggi di NTB terkait dengan pelaksanaan tematik, semua stakeholder bersepakat untuk melakukan uji coba KKN tematik adminduk. Hal ini dirasakan perlu karena masyarakat membutuhkan layanan adminduk yang mudah, murah, dekat dan akurat.



Lokakarya yang dilaksanakan ini merupakan akselerasi dan efektivitas program pembangunan yang ditandai dengan semakin baiknya kualitas kehidupan masyarakat dan semakin meningkatnya partisipasi dan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan serta Terintegrasinya peran Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pengembangan dan peningkatan pengetahuan, sikap dan ketrampilan mahasiswa sehingga memiliki kepedulian dan kemampuan untuk mengkaji, merumuskan dan memecahkan masalah-masalah kemasyarakatan yang berbasis kompetensi, profesional, pragmatis dan interdisipliner.



Untuk memastikan pelayanan KKN tematik adminduk ini bisa mendukung terwujudnya desa tuntas adminduk serta terciptanya sinergi antar pemerintah dan universitas / perguruan tinggi yang pada akhirnya akan menjadi panduan maupun pedoman  para aktor yang terliabt dalam memberikan kontribusi terhadap administrasi kependudukan yang lebih baik di NTB.   



Diharapkan melalui kegiatan ini diharapkan kedepanya dapat mengidentifikasikan dan berbagai pengalaman dari praktek, baik pelaksanaan tematik adminduk serta mendapatkan masukan dan perbaikan untuk pelaksanaan KKN Adminduk selanjutnya, dengan harapan dengan adanya KKN Tematik Adminduk bisa memberikan kontribusi yang baik terhadap capaian target dokumen administrasi kependudukan.



Ketua STKIP Tamsis Bima Dr. Ibnu Khaldun dalam pengatar bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Disdukcapil dan bekerja sama dengan KOMPAK ini merupakan kegiatan yang sangat penting dalam membantu mengumpulkan dan mencatat data Adminduk khususnya di desa – desa lokasi KKN Adminduk. Untuk itu dengan kehadiran implementasi KKN tematik Adminduk ini kedepanya bisa berkontribusi dalam membantu melahirkan desa tuntas kependudukan dan ini merupakan kolaborasi yang harus terus berlanjut, mengingat Kabupaten Sumbawa memiliki Desa-desa yang belum menjadi lokasi adminduk”. Apapalgi kampus STKIP Taman Siswa merupakan kampus pertama yang menerapkan pilot project program ini, sehingga melalui kegiatan ini kami dari Mahasiswa – Mahasiswi STKIP Taman Siswa Bima siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam persoalan e – KTP pada pelaksanaan KKN Adminuk untuk desa.



Momentum tersebut dirangkaikan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Ketua STKIP Tamsis Bima dan Perwakilan dari Mahasiswi terkait dengan kampus STKIP Taman Siswa merupakan kampus pertama yang menerapkan pilot project program ini, yang diserahkan langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bima Ir. H.Nurdin.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.