Wakil Walikota Hadiri Pertemuan Pra Survey Akreditasi Puskesmas Kumbe


Bima, Media NTB - Dinas Kesehatan Kota Bima menggelar Pertemuan Pra Survey Akreditasi Puskesmas Kumbe bersamaTim Surveyor Akreditasi FKTP Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Aula Kantor Walikota Bima, Rabu malam (16/10).



Pertemuan dihadiri oleh Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan SH, Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan S.Adm, Sekretaris Daerah Kota Bima Drs H Mukhtar MH, Kepala BPJS Cabang Bima,Asisten dan Staf Ahli Walikota, Pimpinan Perangkat Daerah Kota Bima, Direktur Rumah Sakit, Kepala Puskesmas hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Bima.



Melalui Laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima Drs H Azhari M.Si mengungkapkan bahwa tahun ini merupakan tahun akreditasi bagi Kota Bima khususnya di bidang kesehatan. Untuk puskesmas Kumbe sendiri akan mulai dilakukan survey pada tanggal 17 Oktober hingga tanggal 22 Oktober 2019.



“Besok akan dimulai untuk survey akreditasi Puskesmas Kumbe, akhir bulan ini akan dilakukan survey Akreditasi Puskesmas Jatibaru dan diawal bulan Akreditasi Labkesda (Laboratorium Kesehatan Daerah) yang sebelumnya Puskesmas Mpunda sudah meraih Akreditasi Utama dan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bima meraih Akreditasi dua (2) bintang”, ungkap Kadikes Kota Bima.




Sebanyak 3 (tiga) orang Tim Surveyor Akreditasi yaitu Drg, Indri Agustini, Niluh Putu dan dr Silfa akan memotret kualitas puskesmas apakah sesuai dengan standar akreditasi yang ditetapkan atau tidak.



Sedangkan kewenangan dalam penetapan akan dilakukan oleh komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kemenkes RI.



Ketua Tim Surveyor Drg Indri Agustini dalam perkenalan tim mengharapkan bahwa puskesmas kumbe bisa meraih predikat paripurna yaitu pengakuan tertinggi dalam kualitas pelayanan dan keselamatan pasien.



“Kalau bisa harus paripurna, paripurna artinya perubahan tingkah laku, jadi misalnya ketika melihat pasien yang sedang ngantri, petugas atau pegawai kesehatan menanyakan kebutuhan pasiennya. Jadi besok yang akan menentukan, kami harus jujur menilai puskesmas”, jelas Ketua Tim.




Wakil Walikota Bima menjelaskan bahwa masyarakat bersama pemerintah Kota Bima selalu berupaya memajukan dunia kesehatan baik dari segi sarana maupun prasarana, hal ini sejalan dengan visi misi pemerintah dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan salah satu yang wajib dilakukan adalah memenuhi kebutuhan dasar masyarakat seperti kesehatan.


“Acara dan kehadiran Tim Surveyor Akresitasi pada malam ini selain sebagai media silatutahmi namun juga semoga pertemuan ini mampu meningkatkan kualitas pelayanan dibidang kesehatan”, tutup Wakil Walikota.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.