Header Ads

1000 Mangrove Ditanam di Bibir Pantai Desa Karampi


Bima, Media NTB - Dalam rangka mencegah kerusakan pada bibir pantai dan ekosistem Air laut, Kelompok Pemuda Peduli Lingkungan (KPPL) Desa Karampi Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima melakukan penanaman pohon mangrove.



Kelompok Pemuda Peduli Lingkungan  menanam sebanyak 1000  pohon mangrove di bibir Pantai Toro Rao RT.12 Dusun Mambana,e desa Karampi Rabu, (13/11/2019) Bekerja Sama Pemerintah Desa Karampi.



Ketua Kelompok KPPL, Dedi Yusuf Mahasiswa asal STIKES YAHYA Bima ini mengatakan, penanaman mangrove yang dilakukan pihaknya bertujuan agar lingkungan laut semakin baik serta daratan tidak mudah terkikis gelombang besar dan abrasi.



"Penaman pohon mangrove ini akan kami lakukan secara berkala,  alhamdulillah dengan kerja sama yang baik kami mendapat suport langsung dari dinas kelautan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Bima" kata Dedi Yusuf kepada media NTB, Sabtu (16/11/2019).



Tentunya momentum yang baik ini, dapat kita jadikan sebagai langkah untuk memulihkan dan melindungi kelestarian ekosistem sebagai upaya pemulihan konservasi di wilayah Kecamatan Langgudu selatan Desa Karampi dan sekitarnya.



Dedi menerapkan bahwa “Mangrove sangat berperan penting dalam menjaga  garis pantai agar tetap stabil. Mengingat, kehadiran populasi pohon dan semak yang ada pada tanaman mangrove tersebut dapat melindungi tepian pantai dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai. Selain itu, peran penting masyarakat terhadap tanaman ini yaitu menjaga, suatu saat akan besar dan bermanfaat bagi lingkungan kita”.



Dedi berharap, tiap - tiap bibit mangrove yang dirinya tanam dapat tumbuh dan berkembang melestarikan lingkungan Ini merupakan pertama kali kami menanam mangrove, dan senang sekali, semoga nanti bibit nya bisa tumbuh jadi pohon yang bisa bantu ngelindungin pesisir desa kami.



Selain itu Ketua KPPL ini mengtakan kalau ahir bulan nanti akan ada tambahan 1000 mangrove lagi dari Dinas Kelautan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Bima dan Rencananya akan ditanam di Sebelah Barat Dermaga Umum Desa Karampi. Tutupnya.(Mijin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.