Header Ads

Jangan Ragukan Manfaat Luar Biasa Jkn – Kis


Bima, Media NTB - Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan terbukti telah memberikan dampak yang sangat positif bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Ahmad (54) adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Kota Bima yang sudah merasakan sendiri manfaat luar biasa dari program JKN-KIS.



“Sekita bulan April tahun 2017 kemarin saya merasakan keanehan pada tubuh saya seperti sulit tidur, mual dan muntah, rambut rontok, dada sesak dan disekitar kerongkongan saya membengkak (gondok). Saya memeriksakan gejala tersebut ke dokter, dan saya didiagnosa mengidap hipertiroid sehingga harus mendapatkan perawatan segera”. ujar Ahmad.



Hipertiroid adalah kondisi ketika kadar hormon tiroksin di dalam tubuh sangat tinggi. Hormon tiroksin dihasilkan oleh kelenjar tiroid, dan berperan dalam berbagai proses metabolisme. Oleh sebab itu, gangguan pada hormon ini akan menyebabkan gangguan metabolisme tubuh. Gangguan metabolisme akibat hipertiroidisme bisa menimbulkan berbagai macam gejala pada tubuh manusia seperti pusing, napas pendek, detak jantung cepat dan tidak beraturan, atau kehilangan kesadaran.



Diakui Ahmad dirinya tidak menyangka mengidap penyakit tersebut, namun dia menerimanya dengan ikhlas dan menjalani prosedur pengobatan. “Saya kemudian dirujuk ke RSUD Bima untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Berbekal kartu JKN-KIS yang mana sudah saya miliki sejak jaman Askes dahulu karena saya seorang PNS, saya menjalani pengobatan dan terapi sesuai arahan dokter, dan itu semua tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis, padahal saya melakukan kontrol 2x seminggu selama beberapa bulan, kalau dihitung jika keluar biaya pribadi mungkin sudah sampai belasan juta”. lanjut Ahmad.



Kini dengan pengobatan dan terapi yang sudah dilakukan, Ahmad merasa lebih sehat dalam melakukan aktifitasnya. Yang sangat disyukurinya adalah pengobatannya selama ini ditanggung oleh program JKN-KIS, sehingga dia tidak merisaukan biaya pengobatan dan keluarganya dirumah juga merasa tenang.



“Manfaat JKN-KIS ini benar – benar luar biasa. Saya merasakan bagaimana kekuatan gotong royong masyarakat untuk menolong saya dalam pembiayaan pelayanan kesehatan yang jika dibayangkan mencapai belasan juta. Saya berharap program JKN-KIS ini terus berlanjut karena memang manfaatnya luar biasa. Saya bicara seperti ini karena saya sendiri sudah merasakan manfaatnya, jadi tidak perlu ragu lagi menjadi peserta JKN-KIS”. Tutupnya.(Ucok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.