Header Ads

Jkn-Kis Lindungi Kita Dari Musibah Tak Terduga


Bima, Media NTB – Pepatah mengatakan “sedia payung sebelum hujan” atau dapat diartikan selalu waspada sebelum masalah terjadi. Mengantisipasi masalah sebelum masalah itu terjadi. Prilaku waspada harus selalu dibudayakan, salah satunya adalah budaya sadar kesehatan. Masalah kesehatan yang senantiasa selalu mengintai kondisi tubuh kita, baik dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh, harus diwaspadai dan diantisipasi sedini mungkin dengan adanya proteksi atau perlindungan, salah satunya menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).



Muhammad Gafan (19), adalah salah seorang peserta JKN-KIS yang merasakan manfaat tak terduga disaat dirinya tertimpa musibah masalah kesehatan. Gafan menceritakan bagaimana JKN-KIS menolong dirinya.



“Sekitar bulan Juli 2018 lalu, saya sempat mengalami keracunan makanan. Awalnya tidak tahu akan tertimpa musibah seperti itu. Tapi mungkin saat itu saya sedang apes karena makan sembarangan saat berada dijalanan. Sore hari setelah makan makanan tersebut, saya tiba – tiba muntah, bahkan sampai muntah darah, perut saya sakit sekali, benar – benar menyiksa. Oleh orang tua saya langsung dibawa ke UGD RS Muhammadiyah Kota Bima dan didiagnosa positif keracunan makanan,” ujar mahasiswa semester IV di salah satu Perguruan Tinggi di Bima ini.



Gafan kemudian langsung ditangani dengan cekatan oleh tim medis, dan mendapatkan perawatan intensif selama 4 hari. Sempat merasa khawatir bagaimana biaya perawatannya selama di rumah sakit mengingat orang tuanya hanyalah pedagang kelontong kecil.



“Saat itu saya berpikir bagaimana nanti orang tua membayar biaya saya, maklum saya bukan dari keluarga mampu, bisa kuliah saja sudah sangat beruntung. Tapi tak disangka ternyata orang tua saya termasuk saya sudah menjadi peserta JKN-KIS Kelas III, saya malah tidak tahu menahu kapan orang tua saya mendaftar. Jadi lega karena seluruh biaya saya selama dirawat gratis, tidak ada biaya sama sekali. Kena musibah seperti ini siapa yang mau, tapi dengan JKN-KIS kita dilindungi, benar – benar syukur Alhamdulillah”, kenang Gafan.



Di akhir wawancara, Gafan mengajak kepada masyarakat yang belum menjadi peserta JKN-KIS untuk segera mendaftar Program JKN-KIS karena sangat bermanfaat disamping tentunya juga selalu menjaga kesehatan tubuh.



“Sebagai seorang manusia kita pasti mengalami yang namanya sakit, hanya kita tidak tahu kapan waktunya. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Disinilah program JKN-KIS melindungi kita dari musibah tak terduga. Dengan terdaftar Program JKN-KIS, kita dapat mengantisipasi dan melindungi diri kita, jadi tidak perlu pusing memikirkan masalah biaya rumah sakit ,” Tutupnya.(Ucok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.