Staf Ahli Walikota Bima Hadiri Pertemuan Tindak Lanjut Evaluasi Rencana Pengelolaan Sumber Daya Air dan Lahan Kota Bima dan Daerah Tangkapan Airnya Berbasis Pada Daya Dukung Lingkungan



Bima, Media NTB - Staf Ahli Walikota Bima Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir. Imam Ahmad BP menghadiri dan membuka kegiatan pertemuan Tindak Lanjut Evaluasi Rencana Pengelolaan Sumber Daya Air dan Lahan Kota Bima dan Daerah Tangkapan Airnya Berbasis Pada Daya Dukung Lingkungan, bertempat di Aula Kantor Walikota Bima pada Selasa 12 November 2019.



Dihadiri Oleh Staf Ahli Walikota Bima, Asisten 1 Setda Kota Bima, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bima, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab.Bima, Kepala Dinaa Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB (yg mewakili), Camat Se-Kota Bima dan Peserta Pertemuan.



Dalam Arahanya Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Bali dan Nusa Tenggara Drs. Rijaluzzaman Menyampaikan, dalam rencana strategi kementerian hidup dan kehutanan tersebut telah ditetapkan tiga sasaran strategi dengan tiga indikator kenerja kementerian sebagai ikutan keberhasilan pencapaian sasaran strategis KLHK yang telah ditetapkan tersebut, sasaran yang dimaksud adalah (1) Menjaga kualitas lingkungan hidup untuk meningkatkan daya dukung lingkungan, ketahanan air dan kesehatan masyarakat;  (2) Memanfaatkan potensi sumber daya hutan dan lingkungan hutan secara lestari untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yg berkeadilan;(3) Melestarikan keseimbangan ekosiatem dan keanekaragaman hayati serta keberadaan SDA sebagai sistem penyangga kehidupan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.



"Sebagaimana yg kita ketahui bersama bahwa dalam kerangka pembangunan, tahapan evaluasi merupakan salah satu aspek penting yg harus dilaksanakan. Melalui kegiatan ini evaluasi ini akan diperoleh gambaran bagaimana hasil implementasi rencana pembangunan yg telah ditetapkan serta bagaimana capaiannya berdasarkan Indikator yg telah ditetapkan", ujar Rijalulzaman.



Dijelaskannya bahwa pertemuan ini pula dalam rangka meminta tanggapan klarifikasi dan informasi serta masukan masukan tambahan terkait tindak lanjut yg telah dilakukan untuk memperbaiki rekomendasi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan kedepannya di ekoregion Bali dan Nusa Tenggara.



Dalam sambutan Walikota Bima yang disampaikan oleh Staf Ahli Walikota Bima Bidang Ekonomi dan Pembangunan menyampaikan Selamat datang kepada Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Bali dan Nusa Tenggara beserta rombongan di Kota Bima.



Sebagaimana yang telah diketahui bersama bahwa pada Tahun 2016 tanggal 21 dan 23 Desember kita mengalami cobaan musibah yang hampir 70-80% Kota Bima ini terendam oleh banjir. Ibaratkan wilayah Kota ini seperti mangkok, dimana seluruh kiriman air rata rata dari wilayah kabupaten. Oleh karena itu sebetulnya dari kegiatan yang digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup Regional Bali ini adalah sinergis antara Kota dan Kabupaten dalam rangka menangani menangulangi bencana banjir akibat hujan yang cukup tinggi.



"Harapannya kegiatan seperti ini tidak hanya sampai disini saja tetapi diharapkan ditindak lanjuti oleh Kepala DLH Kota juga Kepala DLH Kabupaten, dan kami menginginkan juga adanya sinergis antara Pemerintah Kota dan Kabupaten Bima di dalam menangulangi bencana banjir dan longsor yang nantinya menjadi pegangan kita bersama sebagaimana tadi telah kita ketahui adanya MOU antara Walikota Bupati Bima dan Gubernur NTB", jelas Staf Ahli.



Diakhir Sambutannya Staf Ahli menyampaikan kepada terima kasih banyak Kementerian Lingkungan Hidup Regional Bali Nusa Tenggara yang telah memfasilitasi pertemuan ini sehingga nantinya akan bermanfaat untuk warga masyarakat Kota dan Kabupaten Bima.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.