Wakil Walikota Hadiri Pertemuan Pra Survey Akreditasi Puskesmas Jatibaru


Bima, Media NTB - Wakil Walikota Bima menghadiri Pertemuan Pra Survey Akreditasi Puskesmas Jatibaru Oleh Tim Komisi Akreditasi FKTP Kementrian Kesehatan RI di Kota Bima, di Aula Kantor Walikota Bima, pada Rabu 30 Oktober 2019.



Turut hadir Asisten bidang Pemerintahan dan Kesos Setda Kota Bima Drs H Supratman M.AP, Asisten Administrasi Umum Setda Kota Bima Drs H Sukri MSi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima, Kepala Puskesmas Jatibaru, Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Kota Bima, Camat dan Lurah serta seluruh Pegawai Puskesmas Jatibaru.



Adapun tim surveyor yang hadir di Kota Bima yakni Dr. Bondan Agus Suryanto, SE, MA, Sp.DLK, AAK., Dr Priyono, MPH dan Dr. Susung Fahyudin, M.Kes,.



Dalam laporan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima Drs. H. Azhari, M.Si, menyampaikan bahwa tahun ini adalah tahun Akreditasi dimana pada tahun ini berjalan 5 kali Akreditasi yakni (1) Akreditasi RS Kota Bima Tipe D level Dasar 2 bintang; (2) Akreditasi PKM Mpunda dengan hasil level utama; (3)Akreditasi PKM Kumbe yang baru dinilai 16% pada Tanggal 19 Oktober 2019; (4)Akreditasi PKM Jatibaru yg baru dimulai hari ini Tgl 30 s/d 2 November 2019; (5)Dan akan dilanjutkan dengan Akreditasi Laboratorium Kesehatan Daerah tanggal 6 s/d 8 November 2019.



"Semoga sisanya mendapatkan Akreditasi Penuh, Dan doa kamu pegawain PKM Jatibaru ini mengikuti jejak pertama mendapatkan Level Utama ", tegas Kadis Kesehatan.


Dijelaskannya pula, bahwa dukunga pemerintah Kota Bima sangat luar biasa dengan konsistensi pimpinan daerah menganggarkan kami di tahun 2019 sebanyak 11,6%. Dan nantinya pada tahun 2020 akan meningkat dengan mendapatkan 13,8%.



Pada APBD-Perubahan  ini dinas Kesehatan mendapatkan 5 Ambulance dan dengan ambulance ini nantinya ada satu program inovasi populer yang  sangat luar biasa direncanakan yakni Sehari Bersama Dokter di Kota Bima.



"Dalam APBD-Perubahan ini Dikes juga diberikan mesin Antrian dan Mesin Zero Complaint. Dan kami juga di berikan Perawatan di berbagai Pustu, Polindes, Poskesdes", jelas Kadis Kesehatan.



Wakil Walikota dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Surveyor Akreditasi FKTP di Kota Bima.



Dijelaskannya  bahwa akreditasi adalah sebuah keharusan dan kewajiban sebab ini adalah amanat Kemenkes RI karena memang untuk melakukan akreditasi minimal 3 tahun sekali.



"Tentu kita sebagai Aparat Pemerintah terutama Dinas Kesehatan begitu terpacu dan tertantang bagaimana syarat-syarat Akreditasi ini harus dipenuhi semaksimal mungkin", ujar Wawali.



Diharapkannya kehadiran dari para tim Akreditasi yang sarat akan pengalaman luar biasa ini akan dapat memberikan motivasi kita semua untuk mendapatkan nilai paripurna.



Secara khusus dijelaskannya kepada  Tim Surveyor bahwa Pemerintah Kota Bima begitu mendorong proses Akreditasi ini dengan intensitas yang cukup tinggi karena kami secara kolektif begitu menyadari bahwa di bidang Kesehatan menjadi kebutuhan khusus masyarakat.



"Kami pemerintah Kota Bima dengan Perangkat Daerah lain bagaimana dibidang kesehatan ini kita pacu semaksimal mungkin sekemampuan kita dari aspek penganggaran InsyaAllah sesuai dengan amanah undang-undang kita melampaui 10% dari APBD untuk penganggarannya", ujar Wawali.

Dipesankannya pula kepada para para pekerja dibidang kesehatan agar tidak berhenti berinovasi dan jangan pernah berhenti untuk berkreasi serta terus melakukan pelayanan dasar masyarakat walaupun nanti sudah mendapatkan akreditasi dengan nilai paripurna.


"Mudah-mudahan kehadiran dari Tim Surveyor ini di Kota Bima bisa memberikan inspirasi dan memperkuat komitmen teman teman pada dinas Kesehatan untuk terus bekerja keras memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat", tutup Wakil Walikota.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.