Bantu Warga Desa Ragi Terdampak Kemarau, Kodim Bima dan BPBD Kab. Bima Distribusikan Air Bersih


Bima, Media NTB - Dampak musim kemarau tahun ini sangat dirasakan masyarakat terutama dalam pemenuhan kebutuhan air bersih seperti yang dialami warga Desa Ragi Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. Menghadapi kondisi tersebut, warga Desa Ragi meminta bantuan ke Koramil 1608-0/Woha untuk memenuhi ketersediaan air bersih. 



Menanggapi permintaan tersebut, Danramil Woha Kapten Inf Sukahar melaporkan permintaan masyarakat kepada Komandan Kodim 1608/Bima Letnan Kolonel Inf Bambang Kurnia Eka Putra dan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bima.



Terkait dengan kondisi tersebut, Dandim Bima memberikan apresiasi atas kesigapan satuan jajarannya dalam merespon keluhan warga binaannya.



"Alhamdulillah, berdasarkan hasil koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bima, hari ini Danposramil Belo bersama para Babinsa langsung mendistribusikan air bersih kepada warga, ini patut diapresiasi," ujar Dandim disela-disela kesibukannya, Kamis (5/12).



Dijelaskannya, air bersih diambil dari mesin pompa air PDAM Desa Nata yang kemudian didistribusikan ke Dusun Temba Ragi dan Dusun Oi Na'a Desa Ragi Kecamatan Palibelo sebanyak dua tangki dengan kapasitas masing-masing tangki sebanyak 5000 liter.



Pendistribusian air hingga waktu Magrib masih terus dilakukan termasuk pengisian bak air Masjid setempat untuk keperluan wudhu dan sebagainya. 



Menurut Dandim yang dikenal humanis tersebut, pihaknya bersama BPBD Kabupaten akan terus berupaya memenuhi kebutuhan air bersih dengan harapan masyarakat agar tetap tenang dan fokus dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang lain. 



Belajar dari kondisi tersebut, Alumni Akmil 1999 tersebut mengajak dan menghimbau seluruh komponen masyarakat untuk menjaga dan melestarikan hutan lingkungan mengingat salah satu fungsi hutan adalah penyimpan air.(MS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.