Header Ads

Kebun Literasi Untuk Generasi Bima Cerdas


Oleh : Alan Malingi


Kebun Literasi adalah singkatan dari Kemah Budaya dan Literasi. Kegiatan ini sudah menjadi domain kolaborasi Komunitas Majelis Kebudayaan Mbojo (Makembo), Mbojo Itoe Boekoe dan komunitas lainnya di wilayah kota dan Kabupaten Bima sepanjang tahun 2019.



Kebun Literasi adalah satu wadah untuk menyemai benih benih kecintaan terhadap literasi dan diharapkan akan tumbuh generasi literat yang cerdas, inovatif dan unggul di masa depan. Kebun adalah tempat menanam, memelihara dan membesarkan tanaman untuk kehidupan. Dalam Kebun Literasi disemai, ditanam dan dibesarkan ilmu pengetahuan dan nilai nilai budaya. 



Sepanjang tahun 2019, Makembo telah menggelar 6 kegiatan Kebun Literasi yaitu di desa Bumi pajo kecamatan Donggo, Desa Sai kecamatan Soromandi, Desa Lamere Kecamatan Sape, Toro Maci Jampa Langgudu, Desa Bajo Pulau kecamatan Sape dan pada bulan Desember 2019 di Pantai Sanocu Desa Mawu Kecamatan Ambalawi. 



Dari 6 literasi dasar, Makembo mengambil peran di tiga lierasi dasar yaitu Baca- Tulis, Literasi Budaya dan Kewargaan serta Literasi Digital. Ketiga jenis literasi itu saling berkaitan karena minat baca, ketrampilan menulis dan pengetahuan budaya perlu disosialiasikan secara digital untuk menghadapi era industri 4.0 saat ini. 



Di Kebun Literasi, Makembo menggandeng sejumlah komunitas dan sekolah dengan materi kegiatan berkaitan dengan potensi dan nilai budaya lokal. Kebun Literasi dilaksanakan di obyek wisata dan  di situs cagar budaya. Hal itu dimaksudkan untuk mempercepat pemahaman dan pengetahuan peserta tentang sejarah obyek wisata dan cagar budaya setempat. Bahan-bahan literasi diangkat dari nilai nilai budaya dan sejarah tempat tempat wisata dan cagar budaya setempat.



Kebun Literasi dilaksanakan  secara sederhana dan berskala kecil namun memiliki riak yang besar bagi pergerakan dan semangat literasi di wilayah Kota dan Kabupaten Bima. Tahun 2020 kegiatan Kebun Literasi akan terus dilaksanakan dan melibatkan berbagai elemen masyarakat. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung ikhtiar Pemerintah Kabupaten Bima sebagai Kabupaten Literasi. Dana kegiatan Kebun Literasi murni swadaya anggota Makembo dan didukung oleh komunitas lain dan sponsor lokal yang ada di desa- desa yang dikunjungi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.