Header Ads

Hadiri Pelantikan Panwascam, Umi Dinda Ingatkan Jaga Marwah Lembaga


Bima, Media NTB - Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE, menghadiri Pelantikan 54 Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan se Kabupaten Bima, di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Bima, Senin (23/12).



Sejumlah Panwas itu dilantik dan diambil sumpahnya oleh, Ketua Badan Pengawasan Pemilihan Umum Kabupaten Bima, Abdullah SH. Hadir di acara tersebut Forkopimda Kabupaten, Kapolres Bima dan Kota Bima, Dandim 1608 Bima.



Umi Dinda menyampaikan Panwaslu dan KPU adalah lembaga penyelenggara Pemilu. Tentu dalam melaksanakan tugas tetap dan akan selalu berkoordinasi. Anggota Panwaslu harus siap menerima amanah ini dan harus bisa memahami tugas dan kewenangan.



‘’Tercatat tiga orang per Kecamatan nanti akan melaksanakan tugas, sesuai dengan sistem dan mekanisme,’’ ujar Bupati, dikutip Kabag Humas Setda Bima M Chandra Kusuma, Ap.



Dalam melaksanakan tugas, tentu akan membawa nama baik lembaga dan keluarga. Maka marwah lembaga itu harus dijaga, menjadi taruhan dan itu tidaklah mudah.
Bupati berharap, anggota yang baru dilantik dapat bekerja dengan baik. Tidak berpaling dan tergoda dengan hal yang merusak nama dan karir.



‘’Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada anggota Panwas yang baru dilantik. Selamat bertugas, selamat mengemban amanah dengan sebaik mungkin,’’ katanya.



Umi Dinda berharap, Pilkada yang akan dilaksanakan  2020, dapat dilaksanakan dengan baik tanpa dicederai oleh hal-hal yang melanggar.



Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah SH, mengatakan anggota Panwascam yang dilantik tersebut, telah melewati tahapan seleksi tertulis maupun wawancara.



‘’Tentu ini adalah pilihan tepat bagi kami. Ini hal yang luar biasa kami pertimbangkan. Kami yakin integritas teman-teman kami jamin,’’ tegasnya dalam sambutan, usai mengambil sumpah janji anggota Panwascam.



Pelantikan merupakan acara sakral karena tugas dan wewenang menjadi seorang Pengawas tidak mudah.
Ia memuji keberhasilan Pengawas saat Pemilu 2019 lalu. Dan berharap sukses tersebut akan berlanjut pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020.



‘’Bagi anggota yang baru bergabung, silahkan menyesuaikan diri. Belajar dan berkonsultasi,’’ ungkapnya.



Ketua Bawaslu mengingatkan, tiga hal pokok tugas Panwascam yakni Pencegahan, melakukan Pengawasan dan Penindakan.
Ketiga hal ini perlu dicermati dan dilaksanakan sebaik-baiknya. Karena tahapan Pilkada sudah dimulai pada 23 November 2019 kemarin.



Lanjutnya, tugas dan Kewenangan Pengawas penting karena setiap tahapan yang dilakukan KPU, wajib untuk diawasi. Kita pastikan bahwa semua sudah melewati proses dengan baik.



Jangan dikira, kita tidak diawasi orang. Ribuan mata mengawasi kita. Orang tetap melihat track record kita dalam melaksanakan tugas sebagai Pengawas. Integritas saat melaksanakan tugas harus dijaga, dan semua tahapan yang dilakukan oleh KPU wajib diawasi. 



Dan pastikan bahwa proses yang dilakukan KPU tidak melanggar Konstitusi. ‘’Harapan saya, mari kita bekerja sungguh-sungguh dan jangan main-main dengan integritas Panwaslu,’’ imbuhnya.(Hum)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.