Ciptakan Kendaraan Bertenaga Matahari, SMKN 1 Lingsar Diakui Hebat


Mataram, MediaNTB - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Lingsar, berhasil menciptakan Motor Listrik bertenaga matahari. Motor Listrik model ATV dengan daya 2 KW ini, diklaim sebagai kendaraan ramah lingkungan karena mampu mengurangi polusi udara. Tak hanya itu, sekolah kejuruan ini juga berhasil menciptakan produk terbaharukan lainnya seperti; kincir angin berbasis microhydro, pembangkit listrik tenaga air, serta mesin pencacah sampah.



Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dalam sambutannya mengungkapkan bahwa inovasi yang dilahirkan oleh tangan kreatif siswa- siswa SMK tersebut merupakan bentuk dari industrialisasi.



"Industrialisasi tidak serta merta  dengan hal besar. Pemanfaatan teknologi yang mampu memudahkan pekerjaan manusia,  dari cara konvensional menjadi modern  dengan tujuan mengubah sosial ekonomi hingga kesejahteraan masyarakat. Ungkap Gubernur NTB yang akrab di sapa bang Zul saat meresmikan  SMKN 1 Lingsar, sebagai Sekolah Mandiri Teknologi Energi Terbaharukan (TET), Jum'at (31/1/2020).



Gubernur ahli Ekonomi itu, juga meminta agar berbagai jenis inovasi yang diproduksi terus dikembangkan. Jika perlu diproduksi massal dengan harapan dapat digunakan sebagai kendaraan dinas pegawai di NTB. Harapnya.



Oleh karena itu, dikatakan gubernur motor Listrik dengan type ATV produk motor berbahan bakar  solarcell dengan pemanfaatan sinar matahari itu, supaya dilakukan pendampingan dalam hal memproduksinya. Bahkan doktor Zul mengintruksikan langsung jajaran STIP Banyumulek untuk segera berkolaborasi mengembangkan serta memproduksi karya putra daerah.



"Tidak hanya sebagai media untuk praktek, namun mampu di produksi massal sesuai dengan standar nasional.", Ucap bang Zul.


Sementara itu, wakil gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, saat diminta tanggapannya terkait inovasi kreatif ini, ia mengapresiasi penuh, baginya motor listrik dengan berbahan bakar solar cell ini untuk dikembangkan.(Mus)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.