Header Ads

Terapkan ODF 100 Porsen, Ummi Rohmi : Kabupaten Lain Jagan Mau kalah dengan KSB


KSB, Media NTB - Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) merupakan satu-satunya kabupaten di NTB yang telah 100 persen ODF (Open Defecation Free), atau tidak buang air besar sembarangan. Hal demikian terjadi karena telah memiliki Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT), Sedangkan 9 Kabupaten/kota lainnya di NTB masih proses menuju ODF.



Hal itu diungkap Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, dengan penuh rasa bangga kepada Pemda KSB, dalam acara Advocacy Horizontal Learning (AHL) tahun 2020, dengan tema "Tuntaskan BASNO Provinsi NTB: Hentikan buang air sembarangan menuju pengelolaan sanitasi Aman" dalam acara Advocacy Horizontal Learning (AHL) tahun 2020, yang diselenggarakan Asosiasi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI). di Kabupaten  Sumbawa Barat, Rabu (4/3/2020).



Lanjut Umi Rohmi, sapaan ibu Wagub. Saat ini, Pemerintah Pusat dan Provinsi terus berkolaborasi, dalam mendorong Kabupaten/kota di Indonesia, untuk lebih peduli pada persoalan mendasar masyarakat. Yakni persoalan Air bersih, Sanitasi dan kesehatan.



Menyambut hal itu, Pemerintah Provinsi NTB terus berupaya mewujudkan ODF 100 persen, di seluruh kabupaten/Kota Se-NTB. "Akselerasi program Revitalisasi Posyandu, Zero Waste dan perbaikan kerusakan lingkungan, diyakini sebagai kunci dari suksesnya ODF di NTB" terang Wagub.



Lebih lanjut Wagub menyakini, dengan memulai dari skup terkecil namun memiliki dampak besar, maka banyak persoalan kesehatan dan sosial akan dapat ditangani.



"Dari 7.300 Posyandu di NTB saat ini, sebanyak 1.300 telah menjadi Posyandu Keluarga. Di tahun 2023 optimis, semua Posyandu di NTB bisa menjadi posyandu keluarga" ungkap Wagub penuh yakin.



Diakhir penyampaian Wagub menyampaikan bahwa, ODF sangat erat hubungannya dengan stuntung. Ia mengajak semua pihak untuk memperjuangkan sama-sama terwujudnya ODF 100 porsen.(Mus)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.