Header Ads

Berkat JKN KIS Dimudahkan Saat Berobat


Bima, Media NTB - Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), membuat napas lega bagi masyarakat yang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan dengan biaya terjangkau. 



Sebelumnya banyak masyarakat yang kesulitan dan takut untuk berobat karena biayanya tidak murah. Namun Awalutfi (37), salah satu masyarakat Kota Bima,  yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) atau PNS daerah di Dinas Tenaga kerja kota Bima.


Ditemui tim Jamkesnews, saat ia datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bima dalam rangka menambah kepesertaan anaknya, ia pun menceritakan pengalamannya selama menjadi peserta JKN-KIS. Ia merasakan banyak manfaat dan keuntungan sampai saat ini. Ia merasa terbantu dalam segi keuangan baik untuk berobat maupun untuk cek kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit.


Menurut Awal, manfaat yang diberikan oleh Program JKN-KIS BPJS Kesehatan adalah mengurangi biaya-biaya yang akan ditimbulkan baik dalam berobat maupun biaya obat-obatan. Ia pun menjadi lebih tenang apabila terjatuh sakit nantinya.


“Sebagai salah satu peserta JKN-KIS, saya memang telah merasakan manfaat dari program ini. Ketika keluarga saya sakit, saya selalu menggunakan JKN-KIS sebagai jaminan ketika berobat di fasilitas kesehatan dan ternyata benar biaya tersebut ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Tapi fasilitas tersebut dapat dirasakan jika kartu aktif dan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan,” ungkapnya. Jum'at (24/04/20).


“Bahkan dulu anak saya mengalami cedera yang cukup serius, akibat terkena benda tajam di bagian anusnya, bahkan saya kehabisan berpikir karena anak saya dilarikan ke Rumah Sakit Bima. Hanya saja langsung ditangani dengan baik oleh pihak medis RSUD. Bahkan dirinya sempat tidak sadarkan diri karena anaknya akan dilakukan operasi di bagian anusnya. Tapi alhamdulilah semua lancar, biaya obat dan perawatan yang cukup lama semua ditanggung JKN-KIS, semua dimudahkan saat berobat dengan menggunakan kartu sakti ini,” ungkapnya haru.


Ia juga berterima kasih kepada BPJS Kesehatan, semoga kedepannya BPJS Kesehatan dapat lebih baik lagi untuk masalah pelayanan terhadap peserta. Ia juga merasa puas selama menjadi peserta  Program JKN-KIS. 


Dirinya berpesan kepada masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Segera mendaftar agar masalah kesehatan terjamin dan dilindungi oleh BPJS Kesehatan. Tutupnya (Ucok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.