Relawan Lazismu Bergerilya Sampaikan Amanah Donatur


Mataram, Media NTB - Lembaga Amil Zakat Infak Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Wilayah Nusa Tenggara Barat kembali menebar manfaat di sekitaran wilayah Kota Mataram, dan Lombok Barat. Distribusi yang dijalankan sejak Senin 20 April 2020 merupakan wujud kolaborasi antara Lazismu Wilayah NTB dan Bank Dinar Asri Kota Mataram melalui Program CSR Bakti Bank Dinar untuk NTB.



Di Mataram, Manager Lazismu  Wilayah NTB Nisfu Rahayu Mutmainnah  mengatakan, penerima manfaat terdiri atas beragam kalangan antara lain Guru Honorer, Guru Ngaji, Marbot Masjid, para pengemudi Taksi, Driver Online, pengais barang rongsokan, dan pedagang kecil lainnya. Mereka adalah objec yang terimbas secara langsung oleh wabah pandemi Covid-19 lantaran memiliki pendapatan dari bekerja harian/lepas.



"Paket Sembako ini mulai dibagikan di sekitaran Jalan Sriwijaya, Majapahit, Gunung Sari, Dasan Agung, Gomong, Sandubaya, Narmada dan wilayah-wilayah lainnya" kata Yayuk, Senin  (20/4).



Untuk wilayah Mataram, Ketua BP Lazismu Wilayah NTB Wiryandinata menyampaikan, para relawan yang tergabung dalam MCCC (Muhammadiyah Covid-19 Command Center) telah menyalurkan bantuan kepada sejumlah juru parkir, pedagang kaki lima, tukang ojek pangkalan, pemulung, Guru Honorer dan Anak Yatim. 



Di wilayah Lombok Barat, sembako telah disalurkan kepada para Pedagang kaki lima, buruh bangunan, petugas keamanan, marbot masjid dan musola.



Rahmat, seorang Pedagang kaki lima mengaku bersyukur atas bantuan yang disalurkan Lazismu. Selain Rahmat, pesan yang senada juga disampaikan Dede Sulaeman, seorang pengais botol bekas di Mataram. Dede mengaku terkejut saat amil Lazismu memberikan sembako itu.



"Terima kasih masih ada orang yang memperhatikan nasib saya," katanya.



Dalam hal ini, Lazismu berkoordinasi dengan Muhammadiyah Command Center Covid-19 (MCCC) untuk melakukan pemantauan perkembagan peta sebaran dampak wabah Covid-19.


Dalam merespons wabah Covid-19, Wiryandinata melanjutkan, Lazismu secara nasional telah menyiapkan program ketahanan pangan. Tujuan dari program ketahanan pangan adalah terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat baik individu atau keluarga agar dapat mengakses makanan pokok pada masa krisis yang diakibatkan Covid-19. Di Wilayah Nusa Tenggara Barat, program ketahanan pangan ini akan dilakukan secara bertahap dengan menggandeng para Donatur yang memiliki Visi yang sama dengan program Lazismu. Gerakan ini akan dimulai secara masif diwilayah NTB pada tanggal 22 April 2020 sampai dengan masuknya masa Hari raya Qurban.



"Bentuk kegiatannya berupa pembuatan lumbung pangan seperti pembagian paket sembako dan pembelian produk-produk binaan jaringan Muhammadiyah yang ada Kota Mataram sekitarnya untuk selanjutnya akan disalurkan kembali ke Masyarakat yang terdampak" ujarnya.



Wirya menjelaskan, sasaran penerima manfaat zakat dan sedekah meliputi lansia, penyandang disabilitas, dan kelompok rentan lainnya. Seperti para pekerja informal yang terpaksa berhenti bekerja, guru-guru honorer, guru mengaji yang berhenti mengajar, dan kelompok lainnya dalam kategori asnaf (mustahik).



Lazismu sebagai gerakan zakat nasional yang berkantor juga di wilayah NTB menjelang Ramadhan ini, melakukan pendistribusian paket makanan pokok dalam program ketahanan pangan yang akan dilaksanakan pada bulan April-Juni 2020.



“Pertama pembagian bahan makanan pokok menjelang Ramadhan, yang akan dilaksanakan  serentak pada 2 hari menjelang Ramadhan. Kedua, pembagian bahan makanan pokok menjelang Idul Fitri, yang akan dilaksanakan serentak selama 2-3 hari menjelang hari raya Idul Fitri," ungkapnya.



Manager Lazismu, Nisfu Rahayu, juga mengajak masyarakat dengan program persiapan ketahanan pangan khususnya dalam menghadapi bulan suci Ramadhan, dengan tetap berkativitas dan berpuasa Ramadhan dari rumah saja. Dia menambahkan, Lazismu membuka kolaborasi dengan semua pihak untuk bersinergi.



"Khususnya (kerja sama) dalam program penyaluran donasi kepada masyarakat sehingga dapat membantu meringankan beban ekonomi bagi mereka yang terdampak pandemi Covid-19," pungkasnya.



Untuk mendukung program-program diatas, Lazismu Nusa Tenggara Barat mengajak seluruh Masyarakat yang mempunyai kecukupan rizki atau penyaluran zakat mall nya yang sudah masuk masa nishab nya bisa menyalurkan Donasinya melalui rekening berikut :
Bank Syariah Mandiri , Nomor 7133206021 atas nama Lazismu NTB.



Lazismu juga menyediakan Layanan Jemput Donasi baik berupa barang maupun uang tunai melalui Call Center 0813-8567-8282.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.