Header Ads

Membangkitkan Peternak Lokal, BABUJU MANDIRI Dorong Kelompok Usaha Untuk Produksi Telur Asin


Bima, Media NTB - Ditengah banyak pihak ribut dengan bantuan-bantuan sosial dan kekhawatiran Pandemik Covid-19 yang berlebihan. Para Peternak Unggas pedaging dan unggas petelur harus menopang dagu pada lutut, tatkala harga anjlok akibat dampak pandemik kali ini.



Rekan-rekan muda milenial yang tergabung di kelompok Usaha BABUJU MANDIRI tidak kehilangan gagasan. Mereka berkomunikasi dengan para Peternak Unggas Petelur khususnya Telur Bebek yang juga kini merasakan dampak usaha penjualan ini. Khusus bebek petelur, akibat dampak tersebut, penjualan menurun, banting harga pun dilakukan sementara kebutuhan pakan bila bebek tidak digembalakan terus naik perlahan.



Di Kota Bima sendiri ada 4 kelompok yang peternak Bebek Petelur, antara lain Peternak lingkungan Wenggo Kel Penanae dan Peternak kel Santi. "Saya Optimis, usaha Pembuatan telur asin bisa bagus selama masa pandemik ini, dan membantu para Peternak Bebek Petelur di Kota Bima untuk tetap bertahan dan semangat berternak" Ungkap Rangga Babuju, Founding Babuju Mandiri saat mengecek Produksi Telur Asin pada kelompok Binaannya di Penaraga dan Lewisape Kota Bima, Selasa pagi kemarin (5/5).



Setidaknya, dalam sehari, selama Ramadhan ini, Kelompok Produksi Telur Asin yang dibinanya, paling sedikit mengolah 8-10 krak atau 280-300 butir telur bebek. "Ikhtiar ini baru dimulai seminggu terakhir, insyaallah produk telur asin ini akan mulai dipasarkan Minggu depan di Kota Bima. Karena butuh waktu 10-14 hari proses diversifikasinya. Rencana kita pasarkan dengan harga Rp 3.500 hingga 4.000 perbutir". Jelas Rangga, berharap bisa saling bersinergis guna menopang matarantai kehidupan saat ini.



Telur Bebek adalah jenis telur dengan Protein tinggi, selain itu memiliki kandungan zat besi dan calsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat telur asin yang dapat diperoleh dari kandungan zat besi ini tergolong penting, karena zat besi diperlukan tubuh karena dapat membantu pembentukan hemoglobin, mencegah anemia, menguatkan otot dan fungsi otak. Selain itu, zat besi juga penting untuk menjaga kestabilan suhu badan, mendongkrak metabolisme energi dan kinerja sistem enzim.



Rangga Babuju yang bernama asli Julhaidin, yang juga anggota TPPID Kota Bima ini berharap, bantuan JPS (Jaring Pengaman Sosial) Kota Bima, bisa mengikut sertakan Telur Asin dalam paket bantuan yang akan diberikan kepada warga masyarakat yang ditargetkan.



"Saya sangat berharap, bahwa telur asin ini bisa masuk dalam list bantuan JPS Kota Bima. Selain membangkitkan semangat usaha para Peternak Bebek Petelur di Kota Bima, juga meningkatkan usaha produksi telur asin di Kota Bima yang mungkin saja akan tumbuh dibeberapa kelompok usaha lainnya" Harapnya sembari memberi semangat kelompok usaha produk telur asin ini.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.