Ringankan Beban Masyarakat NTB, Lazismu Tebar 1.225 Paket Sembako


Mataram, Media NTB - Jelang Iedul Fitri, Muhammadiyah Covid-19 Comand Center (MCCC) turun kembali menyalurkan 1.225 Paket Sembako kepada warga terdampak Covid-19 di 6 Kabupaten Kota daerah NTB. Aksi sosial bertajuk “Ta’awun : Lumbung Pangan Muhammadiyah untuk Negeri” ini serempak dilaksanakan di wilayah Nusa Tenggara Barat. Aksi ini didukung oleh Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu).



Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah NTB, TGH. Falahuddin, M.Ag, Hj. Sofia Rawiana, MT,. selaku Ketua PW. ‘Aisyiyah NTB didampingi DR. H. Arsyad Gani, M.Pd (Rektor UMMat) melepas secara langsung Tim Relawan yang bertugas membagikan paket sembako ke kampung-kampung yang sudah ditentukan. Turut serta kelapangan Ketua Lazismu Wiryandinata beserta jajaran MCCC dan para ibu ‘Aisyiyah.  



Aksi Sosial ini merupakan lanjutan program ketahanan pangan tahap kedua yang secara serentak dilakukan di NTB dan nasional se-Indonesia. Hari ini seluruh relawan Muhammadiyah, baik dari Majelis/Lembaga dan Organisasi Otonom bergerak beraksi bersama membagikan paket bantuan pangan berupa sembako kepada warga terdampak sesuai dengan data yang dimiliki. Mereka diberi paket sembako berisi beras, gula, minyak, teh, mie telor serta air de-mineral Lazismu. 



TGH. Falahuddin, M.Ag,. Ketua PWM NTB, dalam sambutannya ketika menyerahkan paket bantuan kepada salah satu warga terdampak di kampung Pidada Lombok Tengah, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bukti bahwa Muhammadiyah cinta kepada bangsa ini terkhusus wilayah kita NTB. Kecintaan itu diwujudkan dengan aksi nyata memberi untuk negeri pada saat bangsa ini diterpa bencana wabah virus Corona.



“Ini adalah tahap kedua secara Nasional Muhammadiyah ikut meringankan beban masyarakat, walau tidak banyak dan mungkin hanya bisa untuk beberapa hari saja, minimal bisa mengurangi beban kebutuhan pokok sehari-hari mereka” kata Falahuddin.



Menurutnya jumlah 1.225 paket bantuan itu bukanlah jumlah yang kecil, karena itu proses pendistribusiannya dilakukan dengan mengerahkan relawan MCCC-Lazismu di berbagai daerah.



“Alhamdulllah proses Ta’awun ini bisa berlangsung lancar, dan semoga bantuan ini bener-bener diterima oleh mereka yang berhak menerima” jelasnya. 



Falahuddin menghimbau para agniya dan masyarakat yang masih diberikan kelebihan nikmat rizki untuk bersyukur kepada Allah SWT. Rasa syukur itu sekiranya bisa diwujudkan dengan peka sosial, rela dan ikhlas berbagi untuk membantu sesama yang sedang mengalami kekurangan ekonomi dan pangan kesehariannya.


Ketua Lazismu wilayah NTB Wiryandinata mengatakan kegiatan lumbung pangan ini masih dalam kerangka program emergency (program jangka menengah) yaitu melakukan pendistribusian paket bantuan yang dilakukan Lazismu bersama MLO secara serempak. Kedepan direncanakan jenis programnya lebih mengarah kepada ketahanan pangan individu yaitu dengan memanfaatkan lahan-lahan yang ada untuk ditanami tanaman yang menghasilkan pangan. 



Selain lumbung pangan, Lazismu bersama Organisasi wanita ‘Aisyiyah juga memberikan Bantuan Tunai dalam bentuk program Bakti Guru kepada 255 guru sekolah non sertifikasi. Mereka adalah guru TK dan PAUD yang tersebar di 10 Kabupaten Kota di NTB. 


   
“Apresiasi saya sampaikan kepada lembaga-lembaga yang telah bermitra dengan Lazismu serta para Muzaky – Donatur yang mempercayakan donasinya melalui Lazismu” tegasnya.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.