Zero Covid-19, Gili Tramena Akan Terapkan New Normal Secara Bertahap


Mataram, Media NTB - Destinasi wisata Tiga Gili  di Lombok Utara NTB, yakni Gili Terawangan, Gili Meno dan Gili Air (Gili Tramena), selain tersohor karena keindahannya yang memikat, kini dimasa Pendemi Covid-19 ini, ketiga pulau mungil itu masih tetap mempesona dan aman untuk dikunjungi. Destinasi wisata dunia ini masih berstatus green zone atau zero kasus positif Covid 19.



"Dengan status sebagai zona hijau tersebut, menjadi keharusan bagi kita bersama untuk tetap menjaga dan mempertahankan gili agar selamanya aman dan bebas dari wabah atau nol kasus positif Covid 19," ujar Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Siti  Rohmi Djalilah didampingi Bupati KLU, Dr. H. Najmul Akhyar dan Forkompimda serta pejabat instansi terkait lainnya saat memberikan arahan pada kegiatan Clean, Health, and Safety (CHS) & Gili gets ready for new normal, di Gili Terawangan, Sabtu(13/6/2020).



Umi Rohmi sapaan akrabnya menegaskan bahwa untuk membuka destinasi wisata Tiga Gili membutuhkan perencanaan dan SOP yang ketat, terutama dalam penerapan protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19, sehingga angka nol positif Covid-19 dapat terus dipertahankan.



Umi Rohmi sangat mengapresiasi atas upaya dan kerja keras dari seluruh masyarakat bersama pemerintah daerah dan stakeholder lainnya, sehingga tiga gili masih bisa tetap aman dan nol kasus positif Covid-19. “Selamat untuk Gili atas nol kasus sampai dengan saat ini yang tentunya harus dibarengi ke depan bagaimana menjaga kebersihan dan seterusnya agar tidak pernah ada pasien positif disini,” ujarnya.



Menurutnya, new normal adalah bagaimana masyarakat menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari. Ia menyebut tiga hal yang harus dilakukan masyarakat, yakni pertama, rajin berdoa. Kedua, mengembangkan sikap saling melindungi dengan cara selalu displin dan patuh dalam menerapkan protokol kesehatan. Dan ketiga positif thinking dan selalu optimis.



“Sehingga bukan kapan new normal ini di berlakukan, akan tetapi secara bertahap bagaimana kita bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait protokol kesehatan Covid-19, kemudian masyarakat mampu dan disiplin untuk melaksanakannya," ujar wagub.



Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar menyebut Tiga Gili sebagai green zone atau nol angka postitif Covid-19. Sehingga persiapan penerapan new normal di destinasi wisata ini ke depan diharapkannya dapat menjadi percontohan bagi daerah-daerah di NTB.



Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemda dalam mempersiapkan menerapkan new normal di Tiga Gili. Salah satunya, kata Bupati Najmul  pihaknya telah mengeluarkan surat edaran (SE) terkait persiapan penerapan new normal. Di mana, salah satu yang tercantum dalam SE tersebut yakni SOP kedatangan serta kepulangan para pengunjung atau tamu di Tiga Gili. Untuk sementara ini, Pemda hanya mengoperasikan satu pelabuhan, yakni Pelabuhan Bangsal.



Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, HL Moh Faozal mengatakan bahwa saat ini di Gili terawangan masih bertahan 140 orang wisatawan mancanegara yang berwisata di tiga gili dan belum bisa pulang kenegaranya. Mereka semua sehat sehat dan di jamin oleh pemerintah negara masing-masing.



Faozal juga menyebut bahwa jumlah hotel dan restoran di Gili Trawangan ini mencapai 120 usaha. Namun jika ditotalkan dengan Gili Air dan Gili Meno, maka jumlah hotel dan restoran mencapai 450 usaha dengan jumlah pekerja pariwisata mencapai  lebih dari 4 ribu orang.



Ia menerangkan bahwa atas persetujuan Bupati Lombok Utara, masyarakat dan pelaku usaha di kawasan Tiga Gili telah melakukan pembersihan properti masing-masing. ‘’Dan pada hari ini merupakan simulasi new normal, yakni memahami protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak,’’ katanya.



Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, menjelaskan penerapan protokol kesehatan secara disiplin dan kompak merupakan harga yang harus dibayar bersama untuk menerapkan New Normal dan beraktifitas ditengah pandemi.



Ia meyakinkan bahwa sebenarnya protokol kesehatan yang dijalankan cukup sederhana, mudah dan bahkan tidak membutuhkan biaya. Yakni selalu gunakan masker, sering cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak. Tetapi yang sulit adalah kesadaran dan kemauan atau kemampuan untuk disiplin, jelasnya.



Menurut dr. Eka, jika  semuanya bisa patuh dan disiplin dalam  menerapkan protokol pencegahan diatas, ia optimis akan dapat menghindarkan dan melindungi masyarakat dari terpapar Covid 19. Karena itu, Kita perlu membangun sikap saling melindungi satu sama lain. "Kalau ada warga yang tidak menggunakan masker, kita tegur, bukan berarti kita benci, tetapi karena kita sayang dan ingin saling melindungi", ujarnya.



Selain itu, untuk memastikan kesiapan tiga gili menuju New Normal Dinas Kesehatan juga akan melakukan survey kepada masyarakat kawasan tiga Gili mengenai pemahaman mereka terkait covid-19. Sehingga kedepannya Dinas Kesehatan bisa memberikan tambahan pengetahuan bagi yang belum memahami cara menghadapi covid-19.



"Kami akan melakukan survey tentang pengetahuan covid-19 untuk warga gili supaya tau dan bisa berbenah," pungkasnya.(Mus)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.