Indeks Kerawanan Pemilu Kabupaten Bima Posisi Tertinggi di NTB


Bima, Media NTB - Dalam konteks sosial politik yang terjadi saat ini, bahwa Kabupaten Bima masuk pada posisi Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) tertinggi di wilayah NTB.


"Indeks Kerawanan itu dilihat dari setiap dimensi untuk menjadi standar Bawaslu Provinsi. Yaitu sosial dan politik yang menyangkut keamanan lingkungan, otoritas penyelenggara negara dan relasi kuasa ditingkat local" kata Ketua Bawaslu Abdullah SH saat dikonfirmasi oleh Media ini. (Rabu/01/07/20).


Bukan hanya itu kata Ebit sapaan akrbanya, bahkan dilihat dari hak politik proses pencalonan dan kampanye calon, serta partisipasi pemilihan partai dan partisipasi publik.


"Karena berdasarkan pengalaman pilkada di tahun 2015 yang lalu, bahwa Kabupaten Bima masuk dalam kategori zona merah. Sehingga mengakibatkan masuk pada posisi Indek Kerawan Pemilu tertinggi di NTB" terangnya


Lanjut Ebit sapaan akrabnya, dengan adanya Indeks Kerawanan yang tertinggi ini, pihaknya akan membuat langkah-langkah strategis dalam proses pengawasan untuk menegakan aturan pemilu. Serta upaya pencegahan terhadap proses yang dilakukan demi menciptakan pilkada yang damai.


Dirinya juga mengajak kepada seluruh  masyarakat yang terlibat dalam kontestan pilkada tahun 2020 ini. Baik penyelenggara, Pemerintah, maupun masyarakat pada umumnya.


Karena dalam proses pilkada tidak mampu untuk bekerja sendiri, tentu harus ada kerjasama. Baik pihak Polri, TNI pemuda maupun masyarakat agar menciptakan pilkada yang damai. Tutupnya (Ucok).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.