Tim PEKaT NTB Tebar Bibit Lele di KJA Sungai Kel Santi Kota Bima; Apresiasi Karya Nyata


Bima, Media NTB - Tim yang dibentuk dan diinisiasi oleh Polda NTB ini dalam kegiatannya menggandeng Babuju Mandiri dan Lombok Research Centre. Beranggotakan 10 orang dan 'dinakhodai' oleh IPDA Ida Bagus Atmaja. Melakukan berbagai kegiatan di Kota dan Kab Bima selama 10 hari (19 - 29 Agustus 2020). 


Salah satu kegiatan apresiasi karya yang dilaksanakan oleh Tim yang diberi nama Tim PEKaT (Penguatan Ekonomi Kreatif Terintegrasi) NTB ini adalah menebar Bibit Lele sebanyak 1.200 ekor pada Keramba Jaring Apung (KJA) Sungai di RT 09 Lingkungan Santi 2 Barat Kel Santi Kota Bima, pada hari Jumat yang lalu (27/8). 


Budidaya Lele sistim KJA Sungai ini adalah metode baru budidaya ikan air tawar di Kota Bima. Budidaya ini digagas dan dilakukan oleh Kelompok Pemuda Kreatif Kel Santi yang membranding diri sebagai Komunitas 'LAMPA SAMA'. Koordinator Komunitas Lampa Sama, Agus Salim mengucapkan Ucapan Terima kasih kepada Kapolda dan Dit Intel Polda melalui Tim PEKaT NTB atas bantuan langsung yang diberikan. 


"Kami baru mencoba merintis Budidaya Lele dengan sistim Keramba seperti ini. KJA Sungai ini murni inisiasi, swadaya dan dikelola secara mandiri oleh Komunitas LAMPA SAMA. kami baru uji coba 6 KJA dari 20 unit KJA yang direncanakan" Ungkapnya menjelaskan.


Lurah Santi, Raman Fithri, menegaskan bahwa pada tahun anggaran perubahan 2020 dari Dana Kelurahan, salah satu yang dibackup adalah KJA ini. Dengan pertimbangan, Komunitas LAMPA SAMA dapat memantik semangat warga lainnya dalam usaha budidaya lele ini. 


"Warga sudah banyak minta dibantu untuk bibit dan pakan, sementara unit KJA nya, mereka sendiri yang buat. Sungai kami insyaallah mampu menampung hingga 100 unit KJA jika dijejer kiri kanan sungai" Tuturnya bangga.


Sementara, Irfan, Ketua RT 09 Lingkungan Santi 2 ini menjelaskan bahwa upaya kreatif pemuda kelurahan Santi ini, bukan saja KJA Sungai ini. "Saat ini disamping KJA Sungai, anggota Kelompok KOMPAS Kel Santi sedang mengelola lahan beberapa are sebagai demplot persemaian dan Pembibitan 5.000 polibag tanaman keras dan sayur mayur" tuturnya menjelaskan. 


"Usaha Budidaya Mandiri yang dilaksanakan oleh kalangan muda Kel Santi yang tergabung dalam wadah KOMPAS dan LAMPA SAMA adalah bagian dari penguatan Kampung Sehat Program andalan Polda NTB. Sehingga hal ini perlu disuport secara langsung dengan harapan memantik semangat warga lainnya untuk mereplikasi hal ini diberbagai lokasi di kota maupun kab Bima" Jelas Rangga Babuju, sebagai salah seorang Tim Pakar dalam Tim PEKaT NTB ini. 


Hal tersebut diamini oleh Ketua Tim PEKaT selepas penebaran Benih lele dilakukan. "Hal kreatif dan inovatif seperti ini yang menjadi locus Tim kami dalam memaksimalkan peran generasi muda di Kota Bima. Disamping sebagai bagian program Kampung Sehat, ini pun dalam mendorong ketahanan pangan warga" Tutupnya.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.