Berbekal JKN-KIS, Layanan Cuci Darah Dijamin Seumur Hidup


Bima, Media NTB - Penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memberikan harapan kepada seluruh masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus memikirkan biaya yang besar. Dengan menjadi peserta JKN-KIS, seluruh biaya kesehatan akan dijamin oleh Program JKN-KIS sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku.



Hal inilah yang dirasakan oleh Kalsum, salah satu dari jutaan peserta JKN-KIS yang merasakan manfaat dari adanya program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan itu ketika dirinya mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Asy Shifa Kabupaten Sumbawa Barat. Saat ditemui oleh tim Jamkesnews, terlihat dirinya sedang menjalani cuci darah yang rutin dilakukannya dua kali dalam seminggu, karena didiagnosa oleh dokter dirinya mengalami gagal ginjal sehingga membuatnya harus memperoleh tindakan cuci darah.



Kalsum mengakui Program JKN – KIS  membuat dirinya dan seluruh pasien cuci darah mendapatkan harapan dan semangat untuk kembali produktift. Oleh karena itu, Kalsum berterima kasih kepada peserta JKN – KIS yang selalu disiplin membayar iuran, karena iuran dari peserta yang sehat membantu peserta yang sedang sakit dan membutuhkan biaya pelayanan kesehatan seperti dirinya.



“Saya sangat bersyukur karena pemerintah memperhatikan kesehatan masyarakat melalui Program JKN-KIS ini. Bagi orang yang sudah merasakan manfaat dari program ini seperti saya, berharap program ini terus ada. Akses pelayanandari program ini sangat mudah, saya dilayani sangat baik saat cuci darah,” ujar Kalsum.



Ia juga menambahkan bahwa suasana ketika menjalani perawatan cuci darah di rumah sakit juga sangat bersahabat, karena dirinya dilayani dengan sangat ramah oleh seluruh petugas. Hal ini dikarenakan sudah adanya koordinasi yang baik antara BPJS Kesehatan cabang Bima dengan pihak rumah sakit.



“Iya, hampir setiap minggu saya ke rumah sakit dan bertemu petugasnya, kami sudah saling kenal hingga seperti keluarga, jadi sering cerita-cerita saat sedang menunggu supaya tidak bosan. Kami mengucapakan terima kasih atas hadirnya Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan,” tambah Kalsum sabil tersenyum.



Melihat dari manfaat yang telah ia dapatkan, Kulsum mengajak seluruh masyarakat untuk menjadi peserta JKN-KIS. Selain dapat terlindungi dalam masalah kesehatan, dengan tergabungnya sebagai peserta JKN-KIS, masyarakat Indonesia juga bisa membantu peserta lainnya dalam memenuhi biaya pelayanan kesehatan. Tutupny (Ucok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.