Pelaku Curanmor di Loteng Nyaris Tewas Diamuk Massa


Loteng, Media NTB - Seorang terduga pelaku curi motor inisial AMD (40) warga Desa Beleka, Kecamatan Praya Timur (Pratim), Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) babak belur dan nyaris tewas dipukul warga. Itu terjadi setelah terduga pelaku ketangkap basah mencuri sepeda motor honda jenis 70 di Dusun Aik Paek, Desa Ganti (Desa Persiapan Pengonak) sekitar pukul 12.00 Wita, Sabtu (12/9) kemarin.


Aksi Pelaku tersebut dilihat langsung oleh salah satu warga yang juga petani inisial JH (36) tahun yang  juga berasal di dusun setempat.


Adapun kronologis kejadian, di Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Dusun Aik Paek, Desa Ganti. Terduga pelaku mengambil dan membawa sepeda motor korban bernama Harun Andika (30) tahun yang juga warga dusun setempat. Dimana sepeda motor tersebut ditinggal terparkir dipinggir jalan yang suasananya sepi dalam keadaan kunci kontak tergantung dirumah kunci. Saat kejadian, korban meninggalkan sepeda motornya untuk melakukan panen tembakau. Pada saat bersamaan saksi JA yang berada tidak jauh dari tempat parkir melihat sepeda motor korban dibawa oleh pelaku menuju ke arah timur menuju perkampungan Dusun Aik Paek. Melihat kejadian tersebut saksi JA sontak teriak ada maling motor. Tidak berfikir panjang ia kemudian melakukan pengejaran hingga kemudian berhasil menghentikan pelaku setelah dibantu warga setempat.


“Saat melakukan aksinya pelaku dilihat oleh salah seorang warga,” ujar Kasat Reskrim Polres Loteng, AKP Priyo Suhartono kepada wartawan.


Atas kejadian itu jajaran anggota dari Polsek Pratim yang menerima laporan langsung mengevakuasi pelaku dan membawanya ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan medis. Pelaku melakukan pencurian itu bersama salah satu temannya yang berhasil kabur dengan menggunakan sepeda motor yang digunakan berdua sebelumnya.


“Ya dek, kondisinya pelaku cukup parah. Sudah kita bawa ke Puskesmas Mujur. Tapi agar mendapat penanganan medis lebih intensif, saat ini terduga pelaku telah dirujuk ke Rumah Sakit (RSUD) Praya,” ujar Kapolsek Pratim), IPTU Nasrun.


“Pelaku juga sempat dipukul warga hingga babak belur dan mengalami luka lebam dibagian wajah,” Terangnya.


Namun setelah dilakukan introgasi, rupanya pelaku mengaku bahwa dalam aksinya tersebut tidak sendirian. Tapi bersama salah seorang temannya an. SM alias SU yang berasal dari Kecamatan Janapria. Dimana, saat terjadi pengejaran oleh warga kepada AMD, SU memilih meninggalkan lokasi dan melarikan diri menggunakan sepeda motor Yamaha Vega R Warna Hitam.


“Satu pelaku masih kita buru,” katanya.


Kapolsek pun melihat, situasi beberapa minggu terakhir di Pratim, terutama kejadian Curas terutama di wilayah Desa Beleka. Diprediksikan terjadi akibat maraknya penggunaan Narkoba yang dilakukan oleh pemuda maupun warga desa setempat pada umumnya yang tidak memiliki pekerjaan tetap atau pengangguran.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.