Pemkab Bima Sosialisasi Program Pamsimas


Bima, Media NTB - Pemerintah Kabupaten Bima, menggelar  sosialisasi program penyediaan air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III, Tahun Anggaran 2021, di Ruang Sidang Utama, Kantor Bupati Bima, Kamis, 17 September 2020. 


Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Bima, dengan tetap mentaati protokol kesehatan Covid 19. Dibuka oleh Sekretaris Dinas Perkim, Zainal Arifin, ST.MT, mewakili asisten I Setda Bima, H Putarman SE.


Sosialisasi hanya dilangsungkan sehari, mengundang beberapa desa potensial. Juga yang sering mengalami kesulitan air bersih dan air minum. 


Dihadapan peserta Sosialisasi, Sekdis Zainal, mengatakan, tim dari Pemerintah akan turun langsung mengecek keadaan Desa yang diundang. Untuk melihat desa yang mengalami krisis air.


Menurut Zainal, air merupakan kebutuhan yang dikonsumsi publik. Namun akhir-akhir ini, di daerah kita untuk memperolehnya terasa mulai sulit. Bahkan untuk air minum pun harus mengeluarkan rupiah.


Mulai hari ini, kita dituntut dan berfikir bagaimana mengelola air minum dengan baik, supaya  bisa memberikan jaminan kebutuhan kepada masyarakat.


Sementara itu, Kepala Dinas Perkim, Kabupaten Bima, Taufiqurrahman, M.Si, mengaku, esensi  pelaksanaan PAMSIMAS III adalah sebagai strategi penyelenggaraan penyediaan air minum,  dengan pemberdayaan masyarakat melalui program PAMSIMAS III.


“Untuk pencapaian akses, Pemerintah mengajak seluruh stakeholder, dari pusat sampai masyarakat, untuk bersama-sama mengelola dengan baik air bersih. Sehingga jangan sampai terjadi krisis air minum di desa-desa yang ada di Kabupaten Bima ini," ujar Taufiq.


Menurut Kadis Perkim, pemerintah berharap, seluruh masyarakat yang mendapat program Pamsimas, bersama-sama bisa menjaga, demi membantu mewujudkan masyarakat madani, menuju Kabupaten Bima yang sejahtera.(Prokom Setda Bima)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.