Kisah Para Alumni "Kampus Besi" di Kedai Uma IloPeta


Bima, Media NTB -
Kisah Inspirasi Kedai Uma Ilopeta, yang mempekerjakan para "alumni kampus besi" dan para ibu-ibu yang di tinggal suami mendapat jempol dari warga kota Bima. Hampir sudah dua tahun berdirinya Uma IloPeta menjadi salah satu pionir usaha foodcourt/pujasera di Biima.. 



Banyak orang yang punya masa lalu yang kelam, namun tidak ada satupun manusia yang tidak mau berbuat baik, sebagaimana halnya beberapa orang mantan narapida yang bekerja di kedai Uma Ilopeta Kota Bima.



Kedai Uma IloPeta ini menyajikan menu yang unik dengan penyajian menu diatas Doku (tampah yang digunakan untuk membersihkan beras), namun juga memperdayakan mantan napi dan Istri yang ditinggal suaminya sebagai karyawan.. 



Saat diwawancarai oleh awak media ini, Chairul Fatihin sala satu pengelola IloPeta menyatakan. "Kami mempekerjakan mantan napi sebenarnya untuk menghilangkan stigma buruk terhadap mereka bahwa tidak semua yang pernah melakukan kejahatan dan mereka akan selalu jahat" katanya. Sabtu (05/02/21).



Diakuinya, memberikan ruang kepada mereka untuk mendapatkan pekerjaan, biar kedepan mereka bisa menata ulang hidup mereka agar lebih baik dari hari kemarin.



"Kami menempatkan para mantan napi ini sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Karena rata-rata mereka punya keahlian yang sangat dibutuhkan oleh Uma IloPeta" jelas Chairul Fatihin



Disamping itu kata Rava sapaan akrabnya, awalnya jumlah mereka hanya beberapa orang, ketika ada temannya yg baru keluar lagi dari "kampus besi" mereka menawarkan temannya tersebut bekerja dengan mereka. Iwner IloPeta pun menerima mereka dengan senang hati.



"Di IloPeta sendiri selain diberikan gaji, tempat tinggal dann makan minum pun ditanggung 100%, juga sarana transportasi jika mereka ingin pulang kampung saat libur" bebernya



Owner IloPeta, senang mempekerjakan para alumni "kampus besi" Ini. Karena selain memiliki keahlian yang mumpuni juga sangat sopan juga rajin, bahkan Ada yang sangat pandai mengaji. Selain mereka, IloPeta juga mempekerjakan para mahasiswa/mahasiswi dan juga diberikan fasilitas yang sama. 



IloPeta dengan model manajemen, berdiri menggunakan konsep pelayanan berbasis komunitas UMKM lebih tepatnya konsep foodcourt. Namun sekarang sudah merubah sistem menjadi kedai murni yg dikelola mandiri. Tutupnya (Ucok).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.