Rayakan HPN Bersama Insan Pers, Polda NTB Tandatangani PKT Bersama LKBN Antara


Bima, Media NTB - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) merayakan Hari Pers Nasional (HPN) bersama insan pers NTB dan Pejabat Utama (PJU) Polda NTB di lapangan hanggar Polda NTB, kota Mataram, pada Rabu (10/02/2021).


Acara itu di awali penandatangan pedoman kerja tekhnis antara bidang Humas Polda NTB dengan LKBN Antara Biro NTB. 


Dilanjutkan dengan pemberian ucapan oleh kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K, MH kepada segenap insan pers dan Kabid Humas Polda NTB karena telah berhasil menjalin kerjasama dengan baik antara Polda NTB dengan Pers yang ada di NTB.


Dijelaskan, Penandatanganan PKT Polda NTB dengan Perum LKBN Antara Biro NTB ini merupakan tindak lanjut kerja sama yang telah dibubuhkan dalam nota kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) antara Divisi Humas Polri dengan Perum LKBN Antara di Gedung Wisma Antara di Jakarta pada 4 Desember 2019.


Karena itu, Irjen Iqbal mengharapkan kepada seluruh pejabat utama (PJU) Polda NTB dan seluruh Polres jajaran untuk memanfaatkan kerja sama ini dengan baik.


"Ini hal baik, hal strategis dan progresif menurut saya. karena itu, PJU dan seluruh kapolres, saya minta secara teknis untuk segera lakukan kajian, masukan informasi di sini (kanal 'polisi menyapa'), agar kesempatan yang ada hari ini, tidak sia-sia dan dapat terus berkembang," ujar Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K, MH saat menyampaikan sambutan pada acara peringatan HPN di Lapangan Hanggar, Polda NTB, Rabu (10/02/2021).


MoU tersebut berisi kesepakatan kedua belah pihak dalam pemanfaatan potensi dan kompetensi di bidang kehumasan.


Hadir dalam Acara tersebut Wakapolda NTB, Irwasda Polda NTB, segenap Pejabat Utama (PJU) yang ada di Polda NTB dan Polres Jajaran Polda NTB yang mengikuti acara Melalui video conference, Kepala LKBN Antara Biro NTB dan beberapa awak media yang hadir pada kesempatan tersebut.


Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K, MH mengucapkan selamat Hari Pers untuk seluruh Insan Pers di depan Pejabat Utama Polda NTB dan Polres Jajarannya serta mengucapkan terimakasih kepada segenap insan pers yang ada di NTB karena telah memberikan yang terbaik bagi Masyarakat terlebih bagi pihak kepolisian Polda NTB dan Jajarannya.


"Meski ditengah vandemi pers masih bisa berbuat untuk masyarakat, mengutip kata kata dari gubernur NTB, Secerca harapan di tengah ruang yang gelap," ungkapnya disela pidatonya saat memberi sambutan pada acara perayaan HPN di Mapolda NTB, Rabu (10/02/2021).


Menyindir masalah Vandemi Covid-19, Iqbal mengatakan bahwa vandemi ini tidak akan pernah selesai, hanya saja dia berharap vandemi ini menjadi penyakit yang biasa.


"Vandemi ini tidak akan bisa hilang, namun di harapkam jadi evendemic penyakit yang biasa, seperti penyakit yang lainnya," harapnya.


Namun dia cukup berbangga dengan insan media yang selalu berbuat untuk masyarakat ditengah vandemi seperti sekarang ini, selain itu dia juga ungkapkan rasa bangganya kepada kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto S.I.K karena telah berhasil menjalin hububungan baik dengan media di tengah keterbatasannya.


"Terimakasih Kombes Pol Artanto," Ucap Iqbal ditengah Pidatonya.


Kedekatan Artanto dengan media di NTB tidak di ragukan lagi, kedekatan Kabid Humas dengan media di anggap penting oleh Iqbal, sebab jendela dunia adalah media.


"Apapun yang kita kerjakan tidak akan terlihat oleh siappun kalau tidak ada keterlibatan media," tambahnya.


Sebaliknya jika tidak menjaga hubungan baik dengan media yang akan terlihat hanya yang jelek saja.


"Bayangkan sekian juta warga NTB jika membaca berita yang jelek maka seketika itu akan berubah image nya, jika yang di beriktakan baik maka baik pula Imige yang didapat oleh pihak tersebut, terlebih pihak Kepolisian di NTB," ungkapnya.


Dia melihat bahwa fungsi humas yang paling penting di tubuh Polri, dibandingkan dengan fungsi yang lain, sebab itu Iqbal pernah mengusulkan agar humas di tubuh Polri menjadi sebuah Direktorat agar perannya lebih dapat ditingkatkan.


"Saya pernah usul kepada Kapolri, supaya Humas menjadi sebuah direktorat di tubuh Polri, bayangkan kalau tidak kerjasama dengan media, maka apapun kegiatan yang baik kita lakukan tidak akan bisa terlihat, yang terlihat  hanya yang negatif saja," terangnya.


Dia meyakini bahwa Polri akan semkin di sayang masyarakat, karena kerja Humas sebab Humas yang menjadi terdepan di tubuh Polri.


"Semua divisi penting tetapi semua berada di belakang, hanya Humas yang bisa membawanya menjadi di depan, Mudahan Polda NTB kedepan punya media, seperti media TV, dan lain sebagainya," harapnya.


Oleh sebab itu pihaknya akan membuat berbagai perubahan untuk meningkatkan kerja seluruh divisi di tubuh Polda NTB.


"Barang siapa yang tidak mau berubah maka dia akan tertelan oleh zaman," pungkasnya.


Kabid Humas Polda NTB Irjen Pol Artanto yang mendapat sanjungan dari Kapolda NTB merasa lebih semangat untuk menjalankan tugas bidang Kehumasan yang dia kedalaikan di Polda NTB sekarang.


Sebagai wujud bahwa Artanto mencintai bagaiannya itu di menjalin kerjasama dengan semua media yang ada di NTB, dan dia juga ucapkan terimakasih kepada media di NTB yang telah mendukungnya selama dia bertugas di NTB, selain itu dia juga ucapakan selamat kepada seluruh insan pers yang sedang merayakan HPN tahun 2021 ini.


"Saya ucapkan beribu terimakasih kepada seluruh rekan rekan media di NTB karena selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat terlbih kepada Polri," ucapnya saat di konformasi media usai Acara peringatan HPN di lapangan Hanggar Polda NTB.


Acara itu diakhiri dengan pemotongan tumpeng sebagai tanda perayaan HPN tahun 2021.


Potongan Tumpeng pertama di berikan kepada Kabiro Media Antara NTB Riza dilanjutkan pemberian tumpeng kepada yang lainnya.


Kabiro Antara yang di Berikan Potongan Tumpeng pertama mengucapkan terimksih kepada Kapolda NTB karena telah memberikan ucapan kepada media di hari HPN ini.


"Saya ucapkan terimakasih kepada Kapolda NTB karena telah mengucapkan selamat untuk HPN dan peduli dengan media," pungkasnya.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.