Vaksinasi Covid-19 Dimulai, Pemkab Bima Targetkan 294.181 Penerima


Bima, Media NTB -
Pencanangan Vaksinasi Covid-19 tingkat kabupaten Bima berlangsung Selasa (2/02/2021) di aula Kantor Bupati Bima mengikut sertakan unsur pimpinan daerah, TNI/POLRI, tenaga kesehatan pelayanan Puskesmas dan perwakilan organisasi profesi.


Bupati Bima yang diwakili Sekretaris Daerah Drs. H.M. Taufik, HAK, M.Si dalam arahannya  mengatakan bahwa Vaksinasi COVID-19 ini penting untuk menurunkan laju penularan pandemi dan mengurangi jumlah warga yang terpapar.  Menurutnya, Vaksin Covid lakukan agar kehidupan masyarakat dapat kembali normal, disamping pada saat yang sama untuk memperkuat dan melindungi sistem kekebalan tubuh”.

                

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima yang diwakili Pelaksana Tugas Sekretaris Dinas Rifai S.Sos,. M.Ap  mengatakan bahwa  pada pelaksanaan Vaksin melibatkan tenaga 105 orang vaksinator  yang merupakan tenaga kesehatan dari 21 Puskesmas yang sudah mengikuti pelatihan.  

              

“Untuk pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Bima dengan target keseluruhan 294.181 orang penerima vaksin, dengan rentang usia antara 18-59 tahun, dari jumlah tersebut 3.000 tenaga kesehatan  ditargetkan selesai dalam 1 bulan. Sedangkan pejabat publik, ASN, TNI/POLRI, guru, pelaku ekonomi dan masyarakat umum dituntaskan hingga bulan Maret mendatang”. Terangnya.  

              

Ditambahkan Rifai, setelah vaksin tahap I akan dilanjutkan dengan vaksin Tahap II  yang akan berlangsung tanggal 16 Februari 2021 mendatang. Dirinya mengharapkan agar masyarakat tidak takut menerima vaksin tersebut karena aman dan halal berdasarkan rekomendasi Badan POM dan Majelis Ulama Indonesia.

              

Terkait pelaksanaan Vaksinasi di Kabupaten Bima, Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Bima dengan menggunakan aplikasi Primary Care (P-Care) untuk pelayanan vaksinasi Covid-19. Aplikasi tersebut berfungsi untuk proses registrasi, screening, hingga pemberian vaksin. Masyarakat yang sudah terdaftar pada aplikasi P-Care dan ada pada Data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCPEN) dapat menjadi penerima vaksin SINOVAC tersebut katanya.


Pencanangan vaksin ditandai dengan vaksinasi aparat POLRI kepada Wakapolres Kabupaten Bima Kompol Edi Susanto, S.Sos  dan Dandim 1608/Bima yang diwakili Kapten Seninot Sribakti.

 

 

Sumber : Tim Komunikasi Publik Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Bima

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.