BAPPENAS RI Lantik Youth Forum ke Tiga Indonesia di Geopark Tambora


Mataram, Media NTB - Kementrian PPN/BAPPENAS RI melantik Pengurus Tambora Geopark Youth Forum (TGYF) di Kawasan Taman Nasional Tambora, Doro Ncanga,  Kec. Pekat,  Kabupaten Dompu, Selasa (06/04/2021).


Dalam sambutannya melalui Video Direktur Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan (SDEMP) BAPPENAS RI, Dr. Ir. Yahya Rachmana Hidayat, M.Sc, menyampaikan esensi Geopark dan Pemuda.


"Geopark atau taman bumi adalah penggabungan Keragaman Geologi, Keragaman Hayati (Flora dan Fauna) dan keragaman Budaya yang digabungkan untuk menuju tiga pilar yaitu Konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat," terang Dr. Yahya.


Pihaknya menyampaikan peran vital pemuda dalam turut mendukung pengembangan Geopark, dengan memahami dan mengunakan tiga strategi, potitioning,  diferensiasi, dan branding/promosi yang tepat. 


Sementara itu, Perencana Ahli Utama PPN/BAPPENAS RI, Ir.  Hanan Nugroho, M.Sc yang hadir dan melantik langsung 180 Pengurus TGYF yang diwakili 10 orang pengurus inti, didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Provinsi NTB dan General Manager Dewan Pelaksana Geopark Tambora.


"Kami Lantik secara resmi adik-adik Pengurus Tambora Geopark Youth Forum hari ini. Kami berharap adik-adik dapat membantu pengembangan Geoprk Tambora. Karena peran pemuda sangat menentukan kebermanfaatan Geopark untuk pembangunan berkelanjutan diberbagai aspeknya," ujar Hanan.


Hanan menjelaskan bahwa TGYF adalah Youth Forum ketiga yang dilantik oleh BAPPENAS RI secara langsung, setelah Youth Forum d Belitung dan Ijen-Banyuwangi. Youth Forum merupakan salah satu syarat untuk Geopark Nasional seperti Geopark Tambora agar bisa menjadi UNESCO Global Geopark.


Sementara itu, Kadis Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd dala sambutannya menyampaikan selamat kepada pengurus TGYF yang merupakan perwakilan dari 60 SMK/SMA Se Pulau Sumbawa. 


"Selamat pada adik-adik yang telah dilantik menjadi TGYF hari ini. Jadikan amanah ini sebagai ruang berkarya untuk daerah, bangsa dan negara," ujar Dr. Aidy.


GM Dewan Pelaksana Geopark Tambora, Ir. Hadi Santoso, ST, MM, IPM, menjelaskan bahwa pelantikan TGYF adalah salah satu rangkaian  dari Festival Geopark Tambora 2021. Dan berharap akan menjadi salah satu pilar energi baru dalam pengembangan Geopark Tambora.


"Pembentukan dan Pelantikan TGYF, adalah bentuk nyata melibatkan Pemuda untuk menjadi Subyek dalam pengembangan Geopark Tambora kedepannya. Disamping pengelola Geosite, Pokdarwis, Komunitas Pencinta Alam, dll," tandas Wakil KADIN Kabupaten Bima ini.

Pria yang juga menjabat Pengurus Pusat Persatuan Insinyur Indonesia itu juga  berharap momentum peringatan Meletusnya Tambora hari ini, menjadi inspirasi bagi kaum muda untuk bisa mengubah wajah Daerah sebagaimana pesan Pak Gubernur NTB dalam pembukaan Festival Geopark Tambora 2021.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.