PROGRAM STUDI D3 PERPUSTAKAAN FISIPOL UMMAT GALANG PROGRAM LITERASI DIGITAL PERPUSTAKAAN BERBASIS INKLUSI SOSIAL


Mataram, Media NTB - Dalam rangka meningkatkan literasi digital pada masyarakat pada tanggal 14 Maret 2021 Program Studi D3 Perpustakaan melalui kegiatan  pengabdian kepada masyarakat dengan judul "Program Literasi Digital Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial" bertempat di Desa Manggala, Kecamatan Pemenang, Kabupatan Lombok Utara. Kegaitan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait cara menggunakan media digital sebagai sarana temu kembali informasi.  Menurut Iskandar, S.Sos.MA selaku Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat menegeaskan bahwa "selama ini banyak masyarakat terutama anak sekolah di tingkat SD/SMP yang sudah terbiasa menggunakan gadget sebagai media permainan, yang harusnya digunakan untuk pembelajaran" lebih lanjut disampaikan "dalam penggunaan gadget tersebut terkadang orang tua lepas kontrol dan digunakan untuk bermain game, yang harusnya waktu mereka dimanfaatkan untuk bermain bersama teman-temannya" atas dasar itulah pengabdian ini dilaksanakan. 


Dalam pengabdian pada masyarakat tersebut yang menjadi pesertanya adalah anak-anak SD/SMP dan orang tua. Pelibatan orang tua dalam pengabdian ini dikarenakan orang tua dianggap orang yang penanggungjawab penuh terhadap tumbuh kembang dari seorang anak. Jumlah peserta dalam kegiatan tersebut sebanyak 30 orang, dimana 20 orang adalah anak-anak, dan 10 orangnya perwakilan dari orang tua. 


Dalam pengabdian ini yang menjadi pembicara/fasilitatornya adalah dosen D3 Perpustakaan dibantu oleh alumni dan mahasiswa. Dalam proses penyampaian materi peserta sangat antusias dan berharap kegiatan tersebut bisa berkesenambungan sehingga anak-anak bisa terus di edukasi dalam memanfaatkan media digital sebagai saran belajar anak.  Hal ini seperti yang diungkapan oleh perwakilan peserta Ibu Nurmala, dimana beliau mengatakan bahwa " adanya kegiatan semacam ini dapat memberi dampak yang positif terhadap tumbuh kembangnya anak, semoga pihak  kampus UMMAT bisa terus mengadakan hal yang serupa nantinya, karena hampir semua anak kampung kami yang SD/SMP sudah terbiasa menggunakan gadget" 


Dalam merespon masukan dari peserta tersebut Ketua Tim pengabdian menegaskan akan meyampaikan kepada pimpinan untuk menjadikan desa tersebut sebagai wilayah binaan dari program studi D3 Perpustakaan dengan melibatkan mahasiswa sebagai pengelola kedepannya.(NN)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.