Jelang Hari Raya Idul Adha, RPH Kota Bima Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Bersih


Bima, Media NTB - Dalam rangka pelaksanaan kegiatan kurban saat Hari Raya Idul Adha 1442/2021 M. Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Bima memastikan hewan kurban tahun ini bersih dan sehat.



Untuk menunjang pelaksanaan kurban, maka Pemerintah Kota Bima menyiapkan panitia khusus. Yang akan bertugas untuk memastikan kesehatan hewan, supaya layak dikonsumsi atau tidak.



"Pastinya kami sudah menyiapkan panitia khusus untuk memeriksa kesehatan hewan yang akan di kurbankan nanti di RPH," kata Kadis Pertanian melalui Kabid Peternakan dan Keswan, dr. Juwaiha. Kamis (15/07/21)



Namun sebelum disembelih H-I terlebih dahulu panitia harus memastikan fisiknya tidak cacat, kesehatanya maupun umurnya. Sementara syarat hewan yang harus dikurbankan, Kambing atau Domba minimal umur lebih dari 1 tahun dan ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap.



"Sementara Kerbau dan Sapi minimal umur lebih dari 2 tahun dan ditandai sepasang gigit tetap. Tentu hewan-hewan itu harus sehat, tidak cacat, tidak kurus dan cukup umur," jelasnya



Sementara alat untuk pemotongan hewan tidak secara manual seperti menyimpan di tanah, kini sudah tersedia di RPH yaitu alat elektrik.



"Kami sudah sudah sediakan alat elektrik seperti Resraining Box untuk pemotongan hewan. Hal ini untuk menjaga kebersihan hewan setelah dipotong," jelasnya



Diakuinya, selain di RPH, pihaknya sudah menempatkan sejumlah panitia sekitar 50 orang. Yang akan melakukan pengawasan pemotongan hewan kurban di rumah disetiap Kelurahan yang ada di Kota Bima ini.



Ia juga mengharapkan kepada masyarakat agar memastikan kesehatan hewan sebelum membawa di RPH. Jika tidak, maka secara tegas panitia akan menolaknya. Tutupnya (Ucok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.