Kades Calabai Siap Membantu Program Kerja KKN-PAR STIT Sunan Giri Bima Angkatan Ke - XXV


Dompu, Media NTB - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Participatory Action Research (KKN-PAR) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah STIT Sunan Giri Bima. Menggelar seminar program kerja KKN-PAR di Aula Kantor Desa Calabai Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu. 



Seminar Proker Mahasiswa KKN-PAR STIT ini dihadiri langsung oleh Kepala Desa Calabai Syaifuddin Juhri, Sekertaris Desa Indra Jaya, Samsuddin, L. M Jumardin, sekaligus mewakili perangkat Desa yang lain. 



Selain itu juga dihadiri segenap Kepala Dusun Desa Calabai, Ketua RT, Ketua Pemuda Karang Taruna Dedi Syahputra, Pemuda HAMNI, Pemuda Saloko, Ketua lembaga adat Jafar, tokoh masyarakat Mahfud, Tokoh Agama, dan perwakilan masyarakat Desa Calabai pada umumnya.



Ketua panitia pelaksana seminar program kerja KKN-PAR Muh. Mujadid menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Desa Calabai dan seluruh elemen pemerintah desa, pemuda dan masyarakat atas pelayanannya yang baik.



"Terutama atas terselenggaranya kegiatan seminar proker KKN-PAR STIT Sunan Giri Bima angkata ke- XX. Tentu ini dapat terlaksana dengan baik karena mitra mahasiswa dan pemerintah desa, pemuda dan masyarakat Calabai" Jelasnya.



Sementara itu Alfin sebagai Ketua Tim anggota POSKO 1 Desa Calabai mengatakan dalam sambutannya, bahwa KKN-PAR adalah singkatan dari Kuliah Kerja Nyata berbasis Pasticipatory Action Research yang berarti Partisipasi atau ikut serta, Action  atau tindakan dan research yang berarti penelitian.



"Hal ini penting kami sampaikan kepada  Pemerintah desa, pemuda dan masyarakat. Bahwa KKN-PAR berbeda dengan KKN Convesional seperti membuat papan nama KKN, bersih-bersih selokan, kuburan, dan pekerjaan fisik lainnya," katanya saat sambutannya di kantor desa setempat. Selasa (06/07/21).



Diakuinya, KKN-PAR ini bukan hanya memenuhi kewajiban formalitas perguruan tinggi, tetapi juga untuk menjadi duta pendorong perubahan desa ke arah yang lebih baik. 



"Tentu hal ini kami lakukan dengan menggali semua informasih tentang potensi desa dan kekurangan-kekurangannya. Setelah itu kita akan sama-sama mencari solusi, strategis dan taktik untuk menjawab beberapa persoalan desa," terangnya



"Sebagai monitor tim anggota KKN-PAR STIT Sunan Giri Bima, saya menyampaikan ucapan terimakasih atas semangat dan antusias pemerintah, pemuda dan masyarakat Calabai. Mudah-mudahan dengan kehadiran kami dapat memberikan kesan yang baik untuk masyarakat Desa Calabai," cetusnya



Kepala Desa Calabai Syaifuddin Juhri menyampaikan ucapan terimakasih kepada Mahasiswa KKN-PAR STIT Sunan Giri Bima.



"Kita sedang dihadiri tamu istimewa, membawa ide-ide kreatif sebagai representasi perubahan desa yang berkemajuan. Tema KKN-PAR kali ini sangat erat kaitannya dengan Visi Misi Desa Calabai, maka dengan ini kami siap mendukung dan memberikan intensif khusus bagi siapapun. Terutama mahasiswa dan pemuda selama program yang diusulkan dapat mendukung program pemerintah sebagai mana yang tertera dalam Visi Misi Desa Calabai," ujarnya



Lanjut Kades, silahkan jalankan saja program kerjanya, adapun biaya anggarannya, buatkan proposal nanti biar pihak Pemerintah desa yang akan melakukan back up.



Perlu diketahu bahwa Tim KKN-PAR tahun ini mendapatkan bonus khusus dari dana intensif pemerintah desa. Besar harapan juga berilah kesan yang baik agar terus dikenang masyarakat demi kenyamanan secara bersama. Tutupnya(Ucok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.