Cegah Radikalisme, Kemhan RI Sosialisasi Penguatan Nilai Kebangsaan dan Penangkalan Radikalisme


Bima, Media NTB - Dalam rangka penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan ditengah maraknya paham radikalisme, Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI, atau Dirjen Strahan Kemhan RI. Bekerjasama dengan Kodim 1608/Bima, melaksanakan sosialisasi penguatan nilai-nilai kebangsaan. Dalam rangka penangkalan paham Radikalisme untuk meningkatkan rasa nasionalisme, serta kesadaran berbangsa dan bernegara serta menumbuhkan nilai-nilai patriotisme.


Kegiatan Sosialisasi dari Dirjen Strahan Kemhan RI digelar di Aula Makodim 1608/Bima Kamis (21/10/21).


Kegiatan sosialisasi ini diadakan dalam rangka penguatan nilai-nilai kebangsaan. Serta penangkalan radikalisme untuk meningkatkan rasa nasionalisme, kesadaran berbangsa dan bernegara serta nilai-nilai patriotisme.


Kegiatan ini meningkatkan pengetahuan dan kecintaan terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta memupuk rasa mental dan keberanian untuk berkompetisi secara jujur dan sehat dan memiliki kecintaan terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan Bhineka Tunggal Ika.


Dandim 1608/Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal dalam sambutannya mengatakan, ancaman radikalisme harus dihindari. Karna sistem mereka adu domba, oleh kelompok yang tidak tanggung jawab. 


"Indonesia penuh berbagai suku, ras dan budaya, akan terus kita jaga dan melaksanakan dan mengawal nilai kebangsaan dan pencegahan radikalisme," ujarnya 


"Taat pada negara dan aturan sesuai iman dan agama ,semoga dengan adanya sosialisasi ini akan memberikan edukasi positif buat kita," harap Dandim. 


Dikatakannya, radikalisme merupakan persoalan serius dan menjadi ancaman yang potensial bagi kondusifitas. Serta stabilitas keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Berkembangnya beragam bentuk ancaman tersebut telah mendorong manusia untuk mampu merealisasikan tugas-tugasnya. 


"Sebagai warga negara agar dapat menangkal adanya berbagai ancaman, baik itu dari dalam maupun dari luar dan itu bukan tanggung jawab pemerintah atau aparat pemerintah saja. Namun menjadi tanggung jawab bersama seluruh komponen bangsa Indonesia," Ujarnya. 


Sebab itu suatu kebanggaan hari ini dapat hadir dan menerima sosialisasi dari Tim Ditjen Strahan Kemhan RI. 


Sementara itu, Kolonel Inf Gema Repelita, S.H., M.Si. Kasubdit Hannirmil Ditrah Komhan Ditjen Strahan Kemhan RI yang sekaligus sebagai ketua Tim sosialisasi menyampaikan, bahwasanya tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah sebagai upaya untuk menghasilkan generasi muda yang memiliki kecintaan kepada Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika, dan generasi muda yang memiliki sikap mental dan pemahaman terhadap pancasila dan  nilai-nilai kebangsaan.  


"Selain itu dari sosialisasi ini akan dapat meningkatkan kewaspadaan kita  terhadap penyebaran paham Radikalisme, yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Baik itu paham radikal kanan maupun radikal kiri termasuk terorism," Tutupnya.(Ucok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.