Dinas Pertanian Kab Bima Upayakan Bantuan Bibit Bawang Merah dan Alat Pertanian Untuk Korban Kebakaran di Sape


Bima, Media NTB - Terkait dengan adanya musibah yang melanda buat masyarakat Desa Naru Barat Kecamatan Sape. Sehingga banyak bawang bawang merah yang dilahap sijago merah pada beberapa hari yang lalu.


Namun bukan hanya bawang merah yang terbakar tapi ada juga alat-alat pertanian, seperti mesin semprot, pipa paralon sama mesin pompa air.


"Terkait musibah kebakaran itu, kami akan coba CPCL kan seberapa banyak kerugian bawang merah yang dialami oleh para petani," kata Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima. Ir, Hj. Nurma, M.Si, kepada media ini. Rabu (13/10/21).


"Insya allah kami akan upayakan, namun untuk sementara kami ajukan dulu di pusat untuk meminta bantuan pada tahun 2022 yang ajan datang," jelasnya


Diakuinya, dirinya sudah memerintahkan bagian penyuluh yang ada di Kecamatan Sape, untuk melakukan infentarisasi terkait masalah kerugian bawang merah itu.


"Kemarin kami sudah perintah anggota yang ada di Kecamatan Sape, untuk mendata seberapa banyak kerugian bawang merah yang terkena kebaran itu. Supaya kami ajukan di Dirjen Holtikuktural untuk mendapatkan bibit bawang," ujarnya


"Yang jelas akan diupayakan, tapi kami belum berani berjanji seberapa banyak bantuan yang akan diberikan nanti," terangnya


Selain bantuan bawang merah, pihaknya akan mengupayakan juga bantuan alat-alat pertanian seperti mesin semprot, pipa paralon sama mesin pompa air yang sudah terbakar.


"Untuk sementara kami masih menunggu hasil pendataan dari anggota penyuluh yang ada di Kecamatan Sape, setelah itu baru kami ajukan di Pusat,". Tutupnya(Ucok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.