Tingkatkan Produktivitas Petani, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab. Bima Sediakan Bibit Jagung 30.520 Ton


Bima, Media NTB - Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima, melalui Kabid Tanaman Pangan terus meningkatkat produktivitas jagung para petani setiap tahun.


Selain meningkatkan produktivitas, juga menyediakan bibit jagung untuk petani. Hal ini untuk memenuhi permintaan Pemerintah pusat, yang setiap tahun semakin tinggi.


"Insya allah kami siap memenuhi permintaan Pemerintah pusat hasil petani jagung tahun ini. Sebab, di tahun 2020 kemarin rata-rata hasil petani jagung persatu hektar lebih dari 6 ton," kata Amran Sebagai Kasi Perbenihan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima. Jum'at (08/10/21).


"Artinya, berapapun permintaan Pemerintah pusat untuk jagung di Bima ini kami siap. Karena sesuai dengan meningkat hasil petani setiap tahun," jelasnya.


Tentu produktivitas jagung di Bima ini perlu ditingkatkan, karena sesuai dengan semangatnya masyarakat untuk bertani, juga hasilnya semakin meningkat.


"Tahun ini kami juga menyediakan bibit jagung bantuan Pemerintah pusat untuk petani yang ada di Kabupaten Bima sebanyak 30.520 ton," terangnya.


"Tapi kita juga tidak bisa menerima begitu saja bantuan bibit jagung, karena harus melalui prosedur, uji kelayakan. Namun yang paling utama harus masuk kategori ekatalog," ujarnya.


Hanya saja selama ini kendalanya buat petani salah menggunakan cara pupuknya. Karena mereka lebih banyak menggunakan pupuk UREA dibandingkan NPK.


"Maka jangan heran kalau buahnya bagus dan besar tapi ringan,". Tutupnya(Ucok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.