Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima Akan Melanjutkan Si-Gelis di Semua Desa


Bima, Media NTB - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bima, terus melakukan tingkat kegemaran membaca masyarakat Kabupaten Bima.


Ini dilakukan demi mengembang sumber daya manusia (SDM) baik ditingkat anak SDN, SMP SMA maupun Mahasiswa.


Untuk meningkatkan kegemaran membaca masyarakat Kabupaten Bima lebih khususnya kaum muda. Tentu ada kolaborasi antara dinas terkait dengan anak muda setempat.


"Kami tetap semangat untuk melaksanakan kegiatan, salah satunya melanjutkan Sarjana Inofasi Penggerak Literasi Desa (Si Gelis)," kata Basirun Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bima, kepada Media NTB Jum'at (14/01/22).


Namun untuk mengembangkan literasi dikalangan masyarakat. Tentu harus bekerjasama dengan anak-anak muda yang ada disetiap desa.


"Maka dari itu, kami dari Dinas Perpustakaan ini merencanakan Si Gelis untuk berkembang lagi dibeberapa desa hingga pelosok. Karena awalnya hanya 10 desa saja yang dipilih di Kabupaten Bima ini," jelasnya.


Peran pemuda sangat dibutuhkan dalam berpartisipasi untuk mengembang leterasi maupun minat baca di tengan masyarakat.


"Tentu kami sangat berharap dengan adanya komunitas maupun kelompok masyarakat. Yang mau mengembangkan sebuah literasi di desanya masing-masing," terangnya.


Selain itu kata Basirun, tahun ini ada juga program duta baca sebagai program primodana. Duta baca ini sebagai mendorong petumbuhan dan perkembangan literasi di Kabupaten Bima.


Sesuai dengan luas wilayah Kabupaten Bima, tentu membutuhkan mobil yang banyak untuk perpustakaan keliling. Kebetulan tahun ini Perpustakaan Kabupaten Bima dapat bantuan mobil dari Dinas Provinsi NTB, tapi untuk sementara mobilnya masih di lobi.


Mobil bantuan itu untuk menjangkau bagi masyarakat yang ada disetiap pelosok, dengan kondisi jaraknya jauh dengan Perpustakaan.


"Tentu ini menjadi perhatian perpustakaan kepada masyarakat, untuk memberikan layanan pemerataan yang berkualitas di Kabupaten Bima ini,". Tutupnya (Ucok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.