Beasiswa dan Investasi Pendidikan dari Turki, Bang Zul Nyatakan Siap Berkolaborasi


Mataram, Media NTB - Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc. menerima kunjungan Mufti Yerusalem yang bergerak dalam Bidang Pendidikan dari Al-Quds University, terkait pemberian beasiswa dan investasi kepada anak-anak NTB di Ruang Kerja Pendopo Gubernur NTB pada 25 Agustus 2022.



Bang Zul, sapaan akrab Gubernur NTB, menjelaskan bahwa ia siap memberikan izin dan dukungan untuk Yayasan Al-Quds University menjadi wadah pemberian beasiswa kepada pelajar-pelajar NTB yang mau menempuh pendidikan jenjang Sarjana maupun Magister di Turki, khususnya untuk pendidikan Al-Quran dan Tafsir sangat menarik. Beliau bahkan siap menggerakan universitasnya untuk mendukung kolaborasi bersama yayasan tersebut.



“I have university, so it is easy to make collaboration and we can also provide a scholarship, because Palestine is very good in engineering, Al-Quran and tafsir will be very interesting”, pungkasnya.



Bang Zul juga menambahkan bahwa NTB sudah banyak mengirimkan engineering ke Eropa, untuk kuliah diharapkan tidak terlalu lama di luar negeri cukup tiga sampai enam bulan dan selanjutnya melaksanakan online dari Indonesia.



“Masuknya gampang tapi untuk stand up disananya kan susah masuk ke Yerusalem aja urusan visa cukup sulit, boleh dengan senang hati kalau memang bisa difasilitasi. Kampus ini kan swasta jadi kalau bisa kelas online”, tuturnya.



Presiden of IHSIAD Turkiye, Nurullah Sahin, mengatakan bahwa Foundations Of Qulds University di Instanbul bertugas untuk mengalirkan mahasiswa, dimana tujuan awal membuka yayasan ini untuk mengalirkan dana kepada mahasiswa yang tentu tidak mendapatkan subsidi karena ini swasta.



“Kita akan bekerja keras untuk apa yang sudah dirancang, untuk yayasan sendiri di Turki sudah mempunyai kultur biasa menyumbang dan ditanamkan menyumbang ini turun temurun menjadi amal jariyah sejak 500 tahun lalu”, jelasnya.

 

Beliau juga menambahkan bahwa yayasan ini fokus utamanya pada pendidikan, budaya, kemudian pekerjaan di seluruh dunia. Untuk pekerjaan di seluruh dunia ini ingin menjadikan Turki khususnya Istanbul menjadi patokan dalam semua bidang.

 

“Indonesia adalah negara penting untuk Turki, kita juga akan membuka Sekolah Internasional Turki di Indonesia dengan kerjasama kurikulum Indonesia dengan Turki”, ucapnya.



Dean of Islamic Studies of Al-Quds University, Dr. Orwa Sabri yang merupakan Mufti Yerusalem menambahkan bahwa mereka bisa membuka jalan ke Qulds University di Yerusalem dengan yayasan yang ada di Turki sehingga bisa membuka kerjasama ke kampus-kampus negeri di Turki.



“Kita yang konkrit saja dulu, selanjutnya kita follow up di Bulan November”, tutup Bang Zul.(Nina/irf/diskominfotik)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.