Sekda H.M Taufik: Program Perhutanan Sosial Selaras dengan Visi Bima RAMAH


Bima, Media NTB - Mewakili Bupati Bima, Sekretaris Daerah Drs. H.M.Taufik HAK, M.Si membuka secara resmi Rapat Koordinasi, Sinkronisasi dan Sinergi Perhutanan Sosial dengan Pemerintah Daerah Rabu (10/8) dalam rangka meningkatkan sinergitas pelaksanaan program-program lingkungan hidup dan kehutanan, khususnya pelaksanaan program penguatan perhutanan sosial, yang dilaksanakan di Hotel Mutmainnah, Kota Bima.



Turut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB Julmansyah, S.Hut., MAP, Kepala BAPPEDA Kota Bima, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten dan Kota Bima, Kalak BPBD Kabupaten Bima.



Dalam sambutannya, H.M. Taufik mengatakan bahwa Perhutanan Sosial (PS) merupakan salah satu program prioritas nasional yang bertujuan untuk mendorong pemerataan ekonomi dan mengurangi degradasi hutan.


"Program ini dilaksanakan dalam bentuk pemberian hak kelola atas kawasan hutan kepada kelompok masyarakat yang berada dan memiliki ketergantungan penghidupannya kepada areal hutan di sekitarnya". Jelas Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Bima ini.



Dalam kegiatan yang diikuti oleh Unsur Pemprov NTB, Pokja Percepatan Perhutanan Sosial NTB, OPD Kabupaten Bima dan Kota Bima, Balai PSKL wilayah Jawa, Bali, Nusra, serta Camat dan Kepala Desa yang memiliki wilayah Kehutanan di Kabupaten Bima, H.M Taufik menyampaikan bahwa agenda Rakor selaras dengan Visi membangun Kabupaten Bima yang RAMAH pada Periode II yang dijabarkan dalam Rencana  pembangunan  jangka panjang daerah  (RPJMD) Kabupaten Bima Tahun 2021-2026.



“Misi tersebut  antara lain mewujudkan pembangunan berwawasan lingkungan dilaksanakan dengan peningkatan kualitas lingkungan dan penanganan kerusakan lingkungan dan hutan baik dalam kawasan hutan tutupan, hutan konservasi maupun hutan rakyat dalam rangka pembangunan berkelanjutan, yang didukung oleh kebijakan  regulasi  tentang pengelolaan lingkungan dengan tetap memperhatikan prinsip keberlanjutan dan kelestarian lingkungan.” Ujarnya.

 

H.M Taufik berharap peserta rakor dapat memanfaatkan secara optimal kegiatan ini untuk berbagi pengalaman praktis dan merumuskan secara bersama langkah-langkah strategis pengembangan  secara berkelanjutan program Perhutanan Sosial  bagi kesejahteraan masyarakat di provinsi NTB, khususnya bagi  kabupaten Bima dan Kota Bima.



Sementara itu sebeumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB Julmansyah, S.Hut., MAP, menjelaskan kegiatan ini merupakan kerja sama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB dalam menentukan langkah strategis bagaimana menyelamatkan hutan di kota dan kabupaten Bima.


“Rakor ditujukan untuk membangun kesepahaman bersama antara pusat, provinsi dan Kabupapetn/kota dalam mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat berbasis perhutanan sosial di wilayah NTB.” Ujar Kadis LHK NTB.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.