CD dan PDGI Akan Adakan Pemeriksaan Gigi Gratis di Lombok Barat


Lombok, Media NTB - International College of Dentists (ICD) XV Region 38 (Indonesia), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Formula Oral Care bekerjasama dalam kegiatan pemeriksaan gigi gratis dan edukasi kesehatan gigi dan mulut.

 

Kegitan tersebut akan dilaksanakan di Pulau Lombok pada tanggal 4 hingga 6 November 2022. Kegitan pemeriksaan gigi gratis yang meliputi pelayanan perawatan kesehatan gigi konservasi dan bedah mulut ringan ditujukan untuk 1.500 orang dari masyarakat umum dan 6.000 siswa Sekolah Dasar (SD).

 

R M. Sri Hananto Seno selaku Ketua ICD XV Region 38 (Indonesia) mengatakan kegitan pemeriksaan gigi gratis dan edukasi kesehatan gigi merupakan bentuk bakti pada negeri dari para dokter gigi yang tergabung dalam ICD XV Region 38 dan PDGI.

 

Dia juga mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman para dokter gigi untuk terjun langsung di masyarakat daerah.

 

“Harapannya dengan terselenggaranya kegiatan ini, masyarakat dan siswa SD di Pulau Lombok dapat memperhatikan kesehatan gigi dan mulut,” ujarnya pada Kamis, 13 Oktober 2022.

 

Pada kesempatan yang sama, Harianus Zebua selaku Head of Corporate and Marketing Communication OT Group (Formula Oral Care) mengatakan, keterlibatan Formula dalam acara ini sebagai sumbangsih produk oral care asli Indonesia untuk mengurangi masalah gigi dan mulut di Indonesia, khususnya di Pulau Lombok.

 

Sebagai informasi, masalah gigi dan mulut pada anak-anak dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan.

 

Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah yang menyokong pertumbuhan bagi anak-anak guna menumbuhkan generasi unggul di masa yang akan datang.

 

“Gigi berlubang masih dialami 93% anak di Indonesia, fakta inilah yang mendorong Formula untuk terus berinovasi agar dapat melindungi gigi anak dan masyarakat Indonesia lebih baik. Masih banyak anak yang belum menyikat gigi dengan benar, asal-asalan, dan sekedarnya. Mereka juga menggunakan sikat dan pasta yang tidak tepat,  serta belum memiliki kesadaran memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali,” ucap Harianus.

 

Bupati Kabupaten Lombok Barat H. Fauzan Khalid dalam kesempatan terpisah menyatakan pihaknya mendukung kegiatan pemeriksaan gigi gratis dan edukasi kesehatan gigi dan mulut, dengan memfasilitasi terselengaranya kegiatan tersebut.

 

 “Sosialisasi kegiatan ini kami lakukan kepada masyarakat agar masyarakat mendapatkan manfaat pada kesehatan gigi dan mulut. Harapannya masyarakat dapat menerapkan edukasi pada kesehariannya sehingga kesehatan gigi dan mulut di Kab. Lombok Barat meningkat,” harap Bupati Fauzan Khalid.(ProKopi Lobar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.