Kabupaten Lombok Barat Jadi Industri Permesinan di NTB


Lombok, Media NTB - Persiapan kedatangan Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah pada road show kesembilan ke kabupaten/kota di NTB tanggal 13 Oktober mendatang, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB menemui Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid bersama jajarannya.

 

Bupati sendiri didampingi oleh Asisten II Setda Lombok Barat Rusditah,  Kepala Dinas Perindag Lombok Barat H. Muhur Zohri dan jajarannya bertempat di Ruang kerja Bupati, Selasa (4/10).

 

Kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti mengatakan kehadirannyan ke Lombok Barat selain bersilaturrahmi juga menyampikan kalau Lombok Barat akan menjadi tuan rumah yang ke+9 Road Show Gubernur NTB.

 

Di NTB masing-masing kabupaten/kota memiliki keunggulan sumber daya alam yang berbeda-beda jadi untuk Lombok Barat sendiri memiliki industri logam yang cukup baik di NTB baik permesinan bidang pertanian, perkebunan, perikanan maupun mesin-mesin olahan lain yang dibuat, katanya.

 

Untuk pruduksi sepeda listrik, lanjutnya, akan dipusatkan di Lombok Timur karena di Kabupaten Lombok Timur tersebut sudah memiliki UPT, sedangkan pusat sparepartnya nanti ada di Lombok Barat karena hasil pruduksi Industri Kecil dan Menengah (IKM) Lobar sudah diakui secara nasional dan ijinnya lengkap.

 

"Sehingga untuk membuat sparepart sepeda listrik dan mesin lainnya sangat mudah," sambung Nuryanti.

 

"Jadi permesinan di NTB insyaallah lengkap jenis mesin apapun itu bisa dibuat. Pemerintah Provinsi NTB dan kabupaten/kota tidak perlu beli keluar sudah ada pruduk IKM sendiri di NTB dan semua ada layanan purna jualnya baik servis dan perbaikan semua ada di kabupaten/kota. Dan Gong Permesinan itu ada di Lombok Barat"

 

Di tempat terpisah Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lombok Barat H. Muhur Zohri menyebutkan Kehadiran Kadis Perindag Provinsi NTB menemui Bupati Lombok Barat terkait mempersiapkan kehadiran Gubernur NTB pada road show Gubernur NTB dengan tema Industrialisasi NTB Gemilang.

 

Di Lombok Barat sendiri road show gubernur akan bertema "Menumbuhkembangkan ekosistem industri permesinan", kata Muhur.

 

Lombok Barat ditunjuk sebagai industri permesinan, sambung Muhur, karena dari kabupaten/kota di NTB yang ada industri permesinan yang sudah diakui secara nasional munculnya di Lombok Barat.

 

Mantan kadis Pertanian Lobar itu juga akui kalau IKM Lombok Barat perkembangannya sudah bagus. Ada 8 IKM yang sudah banyak mempruduksi mesin termasuk kebutuhan pada mesin pertanian,  perikanan perkebunan tarmasuk mesin pengolah pakan, roasting kopi, semuanya di sesuaikan dengan sumber daya alam yang Lombok Barat miliki.

 

Bupati H. Fauzan Khalid dalam pertemuan tersebut meminta Asisten II dan Kepala Dinas Perindag Lombok Barat untuk menindaklanjuti semua kesiapan maupun tempat lokasi penerimaan road show tersebut.

 

"Masalah tempat silahkan dibicarakan lagi, bisa di hotel maupun di tempat desa wisata," pungkas Politisi Nasdem itu.(ProKopi Lobar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.