Ketua Dekranasda Dompu dan Ketua Dekranasda NTB Komitmen Tingkatkan Daya Saing Produk Daerah


Dompu, Media NTB - Tampil dengan balutan pakaian berbahan dasar muna pa’a yang merupakan tenunan tradisional Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ketua Dekranasda NTB dan Ketua Dekranasda Dompu terlihat anggun.

 

Kedua wanita hebat tersebut, Selasa (18/10/22) di lokasi Roadshow dan Talkshow Gubernur NTB, tepanya di Lapangan Beringin Dompu, dengan senyuman manis yang tersumbing dibibirnya, nampak menyapa masyarakat yang hadir meramaikan acara dimaksud dengan ramah.

 

Sebagai pembina dari organisasi kemasyarakatan yang bersentuhan langsung dengan masalah kerajinan, membuat kedua Ibu tangguh dan cerdas tersebut harus hadir ditengah masyarakat terutama para pelaku IMKM dan UMKM.

 

Motivasi, bimbingan dan arahan dari sosok yang juga masing-masing menjadi Bunda Paud NTB dan Bunda Paud Kabupaten Dompu tersebu,t tentu sangat diharapkan kehadirannya oleh pera pelaku usaha kecil dan menengah.

 

Kata Umi Lilis saat sedang mendampingi Ketua Dekranasda NTB, Ny. Dr. Niken Saptarini Widyawati, SE., M.Sc, seusai acara dialog pengembangan SDM Industri oleh Gubernur NTB dan Bupati Dompu, berbagai keluhan dari para pelaku IMKM / UMKM akan ditampung kemudian akan diupayakan berbagai terobosan untuk menjadi solusi atas berbagai keluhan yang disampaikannya.

 

“Adapun kegiatan Roadshow dan Tolkshow Gubernur NTB dengan menghadirkan pihak terkait seperti Pejabat Perindag, Koperasi, Perbankan, Dunia Usaha, dan lainnya menjadi bagian dari terobosan yang dilakukan untuk memberikan solusi atas berbagai keluhan pelaku IMKM / UMKM. Bersama Dekranasda NTB, kami terus berkolaborasi untuk menghadirkan berbagai event salah satunya seperti acara yang kita lakukan saat ini”, jelasnya. “Beberapa hari yang lewat juga telah dilakukan Event Dompu Fashion Week, ini semua menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan nilai tambah produk daerah”, lanjunya memberikan informasi.

 

Meningkatkan daya saing berbagai produk daerah seperti halnya tenunan muna paa yang merupakan tenunan tradisional daerah Kabupaten Dompu, akan terus ditingkatkan daya sainggnya sehinga produk yang menjadi kebanggaan masyarakat ini bisa berdampak yang baik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Untuk berbagai upaya akan dilakukan baik oleh Dekranasda NTB maupun Dekranasda Kabupaten Dompu”, terang Umi Lilis memberikan penjelasan.

 

Apapun upaya yang dilakukan oleh Dekranasda NTB maupun oleh Dekranasda Kabupaten Dompu, tanpa ada dukungan dan kebersamaan dari semua pihak apa yang diupayakan tersebut akan menemui jalan buntu. “Dukungan kerjasama dan kebersamaan dengan semua pihak dalam pegembangan produk daerah sangat dibutuhkan dan perlu dibangun dengan baik”, ujarnya.

 

Kita harus bisa mendorong berbagai produk lokal daerah bisa berkembang dengan baik yaitu mengupayakan produk tersebut memiliki daya saing yang tinggi sehingga berdampak yang baik bagi kesejahteraan masyarakat. “Bagamimana melakukan hal tersebut ucap Umi Lilis dengan bertanya kemudian dijawabnya hal tersebut bisa diwujudkan dengan adanya dukungan dari semua pihak salah satunya dalam hal bela dan beli produk lokal daerah”, terangnya.

 

Saat meninjau stand IMKM / UMKM kedua sosok publik figur tersebut dengan seksama memperhatikan secara detail produk-produk yang dijajakan di stand yang tersedia sambil sekali-sekali memberikan masukan, usul dan saran kepada para pelaku usaha yang dikunjunginya.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.