Siaga Bencana Alam, Lombok Barat Apel Gelar Pasukan


Giri Menang, Media NTB -
Untuk mengantisipasi bencana akibat bencana alam, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Pemkab Lobar) menggelar Apel Pasukan Siaga Bencana  di Bencingah Agung Kantor Bupati Lobar, Senin (24/10/2022).

 

Gelar Apel Pasukan dipimpin oleh Penjabat Sekda Lobar H. Ilham dan diikuti oleh para asisten, anggota Forkopimda, Kepala OPD  serta personel dari Basarnas, Polres Lobar, Polres Mataram,  BPBD, PLN, DAMKAR, PDAM, Tenaga Kesehatan, BMKG, TNI, Dinsos dan PMI.

 

Dalam amanatnya Pj. Sekda H. Ilham menyampaikan, pada saat ini Indonesia, NTB, termasuk Lobar sedang mengalami curah hujan yang cukup tinggi.

 

Dalam bahasa agama hujan adalah rahmat karena hujan menghasilkan air yang merupakan sumber utama kehidupan manusia.

 

Manusia diberikan kepercayaan sebagai pengelola, pengolah bumi dengan tetap memelihara keseimbangan.

 

"Apel pada pagi hari ini adalah dalam rangka memperkuat semangat dan persiapan kita menghadapi bencana dan dampaknya," tegasnya.

 

Lebih jauh ia mengingatkan bahwa menjaga keseimbangan alam tidak akan pernah mungkin bisa dilakukan oleh pemerintah saja tetapi harus melibatkan kesadaran dari masyarakat.

 

"Selama masyarakat tidak memiliki kesadaran dan tetap menebang hutan atau membuang sampah secara terang-terangan atau sembunyi-sembunyi maka usaha kita meminimalisasi bencana tidak akan pernah maksimal,"jelasnya.

 

Ilham juga menghimbau agar  OPD  terkait untuk proaktif untuk selalu bersiap-siaga menjalankan peran dan fungsinya.

 

Dicontohkanya Dinas Kesehatan harus siap dalam hal pelayanan kesehatan, obat-obatan dan tenaga medis. Dinas Sosial dalam hal ketersediaan sandang, pangan papan bagi para pengungsi. Dinas PUTR menyiapkan tata ruang, lokasi dan jalur evakuasi. Dinas Perhubungan terkait dengan deteksi dini informasi cuaca serta kebutuhan transportasi. Diskominfo dalam penyebarluasan informasi kejadian bencana.

 

Usai  melaksanakan apel gelar Pasukan Pj.Sekda dan beberapa perwakilan anggota Forkopimda berkeliling melihat persiapan kendaraan, atribut dan pasukan dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana alam.(Prokopi -Lobar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.