Workshop Penguatan Mutu Akademik, IAIM Bima Hadirkan Gus Adib Ph.D

Bima, Media NTB - Untuk Pengembangan Mutu Akademik Berkemajuan, Institut Agama Islam (IAIM) Bima menghadirkan H. M. Adib Abdushomad, M.Ed., Ph.D selaku Kasubdit Pengembangan Akademik PTKI Kemenag RI.

 

Kegiatan Workshop untuk pengembangan Akademik ini digelar pada hari Rabu tanggal 19 Oktober 2022 bertempat di aula H. Muh Tayeb IAIM Bima.

 

Pada kesempatan ini, ibu Husnatul Mahmudah M. Hum selaku Wakil Rektor 1 yang sekaligus bertindak sebagai moderator menyampaikan rasa syukur dan terikasih banyak pada bapak H.M. Adib Abdushomad M.Ed, Ph.D yang lebih dikenal dengan sapaan Gus Adib karena telah meluangkan waktu datang di kampus IAIM Bim.

 

Wakil Rektor cantik ini berharap kepada Gus Adib agar dapat memberikan semangat untuk meningkatkan mutu akademik di lingkup IAIM Bima.

 

Dalam sambutannya, Rektor IAIM Bima Hendra M.Si menyampaikan rasa syukur dan terimaksih pada Gus Adib karena sudah datang di IAIM Bima selakigus menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya mungkin dalam menyabut kedatangan Gus Adib kurang sesuai dengan yang diharapkan.

 

Selain itu, Hendra M.Si menyampaikan bahwa IAIM Bima sudah 12 Dosen yang sudah mendapatkan gelar Doktor, 6 orang diantaranya adalah Doktor Pendidikan Agama Islam.

 

Rektor muda visioner ini juga mengungkapkan, bahwa ada beberapa dosen yang sedang tugas belajar S3, dan beberapa dosen juga sedang mengikuti test beasiswa Indonesia Bangkit maupun Mora dengan tujuan untuk penguatan akademik IAIM Bima berkemajuan.

 

“Sehingga ke depan kalau sudah Keluar SK Pasca Sarjana, maka bukan tidak mungkin UIM Bima akan ada di Bima.” Tutupnya.

 

Dalam pemaparannya, Gus Adib mengutarakan rasa senang, kagum sekaligus bangga pada Rektor IAIM Bima yang sudah mengundangnya sehingga bisa datang di Bima dalam rangka silaturrahim, sharing knowladge and experience.

 

“Semoga dengan kegiatan ini bisa membawa berkah dan manfaat bagi Pendidikan Perguruan Tinggi Islam.” Kata Gus Adib.

 

Dalam pemaparannya, ada beberapa poin yang disampaikan oleh Gus Adib terkait penguatan mutu akademik untuk mewujudkan IAIM berkemajuan.

 

Pertama, harus pro aktif dan menyebarkan ajaran Islam yang bermutu dan berkualitas baik dari Ormas Muhammadiyah, Nahdatul Ulama ataupun yang lainya.

 

Kedua, harus berakreditasi unggul. Kalau akreditasinya unggul berarti anda bermutu dan berkualitas.

 

“If you want to see the quality on the Islamic higher school education you can see through acreditation, so there is no such big different anymore private  Islamic higher education the think to make them different is actually base on acreditation.” Ungkap Gus Adib.

 


Dengan melihat kualitas dan kuantitas tenaga Dosen professional yang dimilikinya, Gus Adib meyakini bahwa IAIM Bima mampu mendapatkan akreditasi unggul itu.

 

Pada kesempatan ini juga, Gus Adib menyampaikan bahwa salah syarat untuk mambuka PTKIS itu adalah harus membuka Program Pasca Sarjana.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.