Bupati Lombok Barat Apresiasi Deklarasi Ibu Hamil pada Peringatan Hari Ibu 94 Tahun


Giri Menang, Media NTB -  Ada yang berbeda pada puncak peringatan Hari Ibu ke-94 tahun tingkat Kabupaten Lombok Barat (Lobar) tahun 2022 ini yakni Deklarasi Ibu Hamil.

 

Peringatan Hari Ibu tahun 2022 ini mengusung tema 'Perempuan Berdaya, Indonesia maju', diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Lobar, Kamis (22/12/2022).

 

Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid mengapresiasi Peringatan Hari Ibu tahun ini dikarenakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

 

"Deklarasi Ibu Hamil pada kegiatan Hari Ibu ini sangat saya apresiasi dikarenakan masa depan bangsa ini tidak terlepas dari peran ibu terutama ibu- ibu yang sedang hamil," ungkapnya.

 

Lanjutnya, mudah-mudahan Deklarasi Ibu Hamil ini tidak hanya serimonial belaka. Nantinya bisa disosialisasikan kepada masyarakat luas di Kab. Lobar.

 

"Untuk sekarang, Lobar baru mempunyai 6 alat USG dan mudah-mudahan pada tahun 2023 semua puskesmas sudah disiapkan alat untuk USG bagi masyarakat," ungkapnya.

 

Melalui USG kata dia, ibu-ibu hamil bisa mengetahui perkembangan janin anaknya. ini salah satu cara kita menyiapkan generasi bangsa pada umumnya dan generasi Kab. Lobar khusunya.

 

"Masa depan bangsa tanggung jawab kita semua, kita tidak boleh meninggalkan generasi yang nantinya kwalitasnya sama dengan dengan kita. Kualitas mereka harus lebih baugus," cetusnya.

 

Lobar sendiri lanjutnya, sudah melakukan langkah-langkah stategis untuk menyiapakan generasi-generasi ke depan di antaranya dengan melakukan program Gamak, menekan stunting dan gizi buruk.

 

"Peran seorang ibu itu sangat penting bagi bangsa ini terutama masalah kesehatan," cetusnya.

 

Berikut Deklarasi Ibu Hamil:

1. Melakukan pemeriksaan kehamilan sedikitnya 6 kali selama kehamilan dan 2 kali diantaranya periksa USG oleh dokter.

2. Meminum Tablet Tambah Darah (TTD) setiap hari

3. Mengikuti kelas ibu hamil

4. Makan makanan sehat sesuai rekomendasi dan pantau peningkatan berat badan.

5. Melahirkan di fasilitas pelayanan kesehatan.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.