Pembangunan Pelabuhan Teluk Santong Sumbawa Dimulai



Sumbawa, Media NTB -
Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. mendampingi Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo, menghadiri Acara Ground Breaking Pembangunan Pelabuhan Teluk Santong, Rabu 11 Januari 2023.

 

Dalam kesempatan tetsebut, Bang Zul, sapaan Gubernur, berterimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat. Baik pemerintah pusat, pemerintah kabupaten, serta investor yang telah membantu mewujudkan pembangunan pelabuhan Santong yang nantinya akan berperan signifikan dalam mendistribusikan produk pertanian dan perternakan di Pulau Sumbawa.

 

Pemerintah Provinsi NTB, dikatakan Gubernur, akan mendukung dan memberikan bantuan terbaik demi kelancaran pembangunan infrastruktur demi kesejahteraan masyarakat.

 

"Adanya satu pelabuhan untuk kelancaran aktifitas produk-produk pertanian kita akan membuat kesejahteraan lebih dekat kepada masyarakat. Sekali lagi terima kasih," ungkap Bang Zul.

 

Gubernur Bang Zul juga menyampaikan harapannya agar pembangunan Pelabuhan dilaksanakan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Hal tersebut dikarenakan, pembangunan Pelabuhan Teluk Santong sendiri telah direncanakan sejak tahun 2018 yang lalu.

 

Sementara itu, Kepala Bapanas, Arief Prasetyo menargetkan pembangunan Pelabuhan Teluk Santong akan selesai dalam waktu 10 bulan. Ia akan mengupayakan berbagai hal demi percepatan pembangunan.

 

“Kalau bisa dimulai sekarang maka bisa tuntas 10 atau 12 bulan kedepan,” ujarnya.

 

Seain itu juga Arif menyebutkan akan memastikan harga jagung yang merupakan komoditi pertanian terbanyak di Pulau Sumbawa tidak turun.

 

"Dan  kapal yang nyandar nanti itu berkapasitas 30 ribu ton,” jelasnya.

 

Optimisme juga disuarakan Yanuar selaku pelaksana pembangunan Pelabuhan Teluk Santong. Ia menjelaskan bahwa dirinya siap untuk melakukan investasi di Pulau Sumbawa

 

“Jika jagung Sumbawa saat ini 1,5 juta ton dengan adanya Pelabuhan Teluk Santong nantinya bisa 2 sampai 3 juta ton,” paparnya.

 

Turut Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Sumbawa, staff Ahli Menteri Perhubungan RI, dan para perjabat lainnya. Pembangunan Pelabuhan Teluk Santong tersebut berlokasi di Desa Teluk Santong Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa-NTB.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.