Pemprov NTB Siap Bantu Kembangkan Industrialisasi Tenun di Kelurahan Oi Fo'o Kota Bima


Bima, Media NTB - Pemerintah Provinsi NTB melalui OPD terkait akan membantu pengembangan industrialisasi di Oi Fo'o, dengan begitu, Oi Fo'o dapat dikenal dengan tenun khasnya.



Hal tersebut dikatakan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah saat menyapa masyarakat di Kelurahan Oi Fo'o Kota Bima, Minggu 2 April 2023 untuk bersilaturahmi dan berdiskusi.


Diskusi yang dihadiri mayoritas ibu-ibu yang mengenakan kain tenun khas Bima. Oi Fo'o yang terkenal dengan potensi tenunnya, diminta untuk mengembangkan Industri tenun, melihat potensinya yang besar.


"Industrialisasi itu adalah upaya kita mengembangkan perekonomian masyarakat, jadi industrialisasi ini membuat tenun yang harganya 250 bisa jadi 1 juta," tuturnya.


Industrialisasi merupakan proses peningkatan nilai tambah suatu produk mentah yang diolah menjadi berbagai macam produk jadi, sama halnya dengan kain tenun ini, dapat dibuat menjadi sarung, celana, baju, dan lainnya sehingga meningkatkan nilai jual dari tenun tersebut.


"Kedepannya, oi foo harus menjual barang yg sdh dijahit, agar harganya lebih tinggi," ungkapnya.


Bang Zul berharap industrialisasi di Oi Fo'o ini berjalan dengan baik sehingga perekonomian masyarakat di sini dapat meningkat.


Diakhir acara Gubernur memborong tenun kerajinan masyarakat, yang disambut meriah oleh masyarakat Oi Fo'o.(nm)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.