Buka PEDA KTNA di Narmada, Ini Pesan Sekda NTB!


Lombok, Media NTB - Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si., membuka secara resmi acara Pelaksanaan Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Tahun 2023, bertempat di Narmada Lombok Barat, (5/6).


Sekda mengapresiasi kegiatan PEDA KTNA, kegiatan yang sangat baik terlebih dengan tema yang cukup menarik. Disebutkan Miq Gita sapaan akrab Sekda bahwa secara nasional, NTB selalu nomor satu pada sektor pertanian dalam arti luas. Sehingga setiap tahapan-tahapan pembangunan.


"Kita kenal Pelita selalu sektor pertanian menjadi lokomotif pembangunan. Demikian juga tahun 2011 ketika diintrodusir menjadi MP3EI (Master Plan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia). Wabil khusus di NTB memiliki ikonik sektor pertanian dan pariwisata," jelas Miq Gita.


Ditambahkan Miq Gita, Pertanian selalu menjadi posisi yang strategis menjadi perhatian Pemerintah.


"Namun sampai saat ini kita masih membutuhkan perjuangan yang kuat untuk bagaimana mampu mensejahterakan masyarakat petani nelayan kita," ungkapnya.


Sektor pertanian kedepan memiliki tantangan bagaimana alih fungsi lahan, kehadiran ancaman bagi lahan lestari, berkurangnya potensi produksi dan lain sebagainya. Sehingga menuntut kita bagaimana intensifikasi pertanian harus terus mampu dilakukan dengan baik.


Sehingga dibutuhkan sinergitas antara kementerian Pertanian dengan di daerah untuk saling mendukung dalam meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan.


Selanjutnya Sekda melakukan Pelepasan Kontingen Pekan Nasional (PENAS) ke-16, diikuti oleh Perwakilan Kabupaten/Kota se-NTB yang akan diselenggarakan di Padang Sumatera Barat pada tanggal 10-15 Juni 2023.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan dan Kelautan dan tamu undangan lainnya.(san/opik)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.