Wabup Lombok Utara Buka Pelatihan Banding Motif Batik Khas Daerah


Lombok, Media NTB - Diskominfo KLU, Tanjung-Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto Ridawan, ST., M.Eng didampingi Kepala Dinas Koprindag KLU H. Haris Nurdin, S.Sos membuka Pelatihan Pembuatan serta Banding Motif Batik Khas Lombok Utara, Bertempat di Aula  PLUT, Selasa, (20/6/2023).


Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan batik merupakan ciri khas  atau indentitas negara Indonesia dan diakui secara Internasional, dimana batik setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas dan motif masing-masing.


Di Kabupaten Lombok Utara sendiri upaya mempertahankan batik, khusus batik khas daerah telah dilakukan oleh Pemda, dimana mewajibkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memakai baju batik dua kali dalam seminggu.  


Lebih Lanjut, Wabup menyampaikan motif batik  di Lombok Utara sudah banyak yang bermunculan mulai dari motif tenun khas Bayan, Masjid Kuno Bayan, Pelecing Kangkung, Kembang Dangar dan lainnya, hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat sudah kreatif dalam membuat desain-desain batik.


“Saya meminta kepada para peserta pelatihan untuk dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh dan dapat menyerap ilmu dari para Tutor untuk selanjutnya dapat di implementasikan,” harapnya.


Sementara itu, Kadis Koperindag KLU H. Haris Nurdin melaporkan bahwa kegiatan pelatihan membatik di laksanakan selama  tiga hari berturut-turut mulai dari tanggal 20 dan berahir sampai tanggal 22 Juni 2023.(nm)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.