Bunda Niken: Pameran Ini Ajang untuk Tampilkan Koleksi Ragam Corak Tenun Masyarakat NTB


Mataram, Media NTB - Ketua Dekranasda NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah menghadiri sekaligus membuka Pameran Bersama, bertajuk "Ragam Motif Wastra NTB, bertempat di Aula Samalas Museum Negeri NTB, Rabu (5/7/2023).


Dalam sambutannya, Bunda Niken sapaan akrab Ketua Dekranasda NTB ini menyebutkan, bahwa Wastra atau yang biasa disebut kain tenun sejak dahulu menjadi bagian dari kehidupan warga masyarakat NTB. Sehingga melalui pameran ini menjadi upaya menampilkan koleksi ragam corak dan warna busana dari berbagai daerah di NTB.


"Ini menjadi referensi yang berharga sebagai pemilik dari budaya. Sebagai warisan Wastra ini bisa lebih memahami dan lebih bangga apa yang kita miliki," ungkapnya.


Selain itu, Bunda Niken mengajak kepada tamu undangan untuk hadir dalam kegiatan (Lombok Internasional Modest Fashion Festival (LIMOFF) yang akan dibuka mulai besok tanggal 6-9 Juli 2023. Tentunya, sebagai tuan rumah untuk bersama-sama mensukseskan dan menyambutnya dengan penuh kebanggaan.


Sementara itu, laporan Kepala Museum NTB, Ahmad Nuralam, SH., MH., M bahwa pameran bersama yang dilakukan museum ini dengan 6 orang pencinta, pelestari dari kain tenun yang ada di NTB.


"Dari 6 orang pencinta kain tenun di NTB itu diantaranya Hj. Lale Prayitne, Hj. Baiq Eva Nurcahya Ningsih, Ir. Baiq Rahmayati, Hj. Maskahyangan, Dra. Nuraida dan Noning Ismawati. Ini adalah perwakilan dari kelompok masyarakat di NTB," tuturnya.


Disebutkan juga kegiatan ini adalah rangkaian dari event Limoff yang akan dimulai dari tanggal 6-9 Juli 2023. Sehingga diharapkan ini menjadi konektivitas dari kegiatan strategis yang dilakukan oleh Pemprov NTB.


"Tentunya ini adalah sebagai bentuk partisipasi museum NTB dengan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki," pungkasnya.(san/her)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.