Presma Universitas Jayabaya Kembali Suarakan Pentingnya Pemekaran Provinsi Pulau Sumbawa


Jakarta, Media NTB - Presiden Mahasiswa (Presma) Universitas Jayabaya, Ridha Furqon Wahyu Ramdhani kembali menyuarakan wacana pemekaran Provinsi NTB menjadi dua Provinsi yaitu Provinsi Pulau Lombok dan Provinsi Pulau Sumbawa dapat segera direalisasikan oleh pemerintah pusat.



Menurut Ridha Furqon, pemekaran provinsi Pulau Sumbawa ini menjadi penting mengingat peringkat NTB dalam IPM nasional masih berada di peringkat 26 dari 34 Provinsi dari tahun 2020-2023.



"Sentralisasi yang mengakibatkan kenaikan IPM terjadi secara signifikan di satu kota saja maka daripada itu pemekaran harus disegerakan" ungkap Furqon.


Dikatakannya, kita semua mengetahui bahwa wacana pemekaran ini sudah menjadi perbincangan dan perencanaan yang dilakukan oleh DPD dan Pemerintah Pusat demi memenuhi keinginan rakyat, hanya saja masih terhalangi oleh moratorium DOB.


"Diharapkan dari pemekaran ini kebutuhan atas pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur akan lebih mudah dijalankan dengan cara penekanan luas wilayah administrasi sehingga akan lebih efektif pembangunan di wilayah pulau Sumbawa." Katanya


"Mengingat pulau sumbawa memiliki sumber daya alam dan kegiatan agraria yang memumpuni untuk menjadi provinsi tersendiri." Pungkasnya.

 
Lembaga Eksekutif Mahasiswa Universitas Jayabaya merupakan lembaga eksekutif kemahasiswaan yang berfokus pada Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menerapkan nilai-nilai demokratis demi terwujudnya mahasiswa yang peduli akan sosial untuk masyarakat yang adil dan makmur.(nm)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.