Bupati Bima Minta Camat Optimalkan Pengawasan Dana Desa dan Bansos


Bima, Media NTB - Rapat Koordinasi Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE.M.IP dengan seluruh camat di 18 Kecamatan dan  Kepala unit kerja terkait lingkup Pemerintah Kabupaten Bima Senin (30/10) di Ruang Rapat Forkopimda, selain membahas dinamika yang muncul berkaitan dengan Kamtibmas juga dimanfaatkan Bupati Bima untuk menekankan kembali  tugas para Camat dalam monitoring penyaluran dana desa dan bantuan sosial di tingkat desa.



"Saya minta para Camat berkoordinasi dengan Muspika memantau secara cermat pengelolaan dana desa dan penyaluran bantuan sosial. Berkaitan dengan hal ini, ada beberapa catatan yang perlu dibenahi. Terang Bupati.


Selain pentingnya optimalisasi pengawasan kegiatan dana desa, para Camat juga perlu mengoptimalkan pemeriksaan SPJ dana desa. Hal ini untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam administrasi penyaluran dana desa.


Bupati juga menekankan pentingnya pengawasan pembagian bantuan langsung tunai (BLT) setiap desa. "Penyaluran BLT juga perlu mendapatkan perhatian karena tidak banyak kegiatan fisik yang bisa dilaksanakan di tingkat desa selain penyaluran BLT kepada para penerima manfaat".


Camat juga diminta terus memantau perkembangan harga barang kebutuhan pokok. Fungsi pengawasan  perlu dioptimalkan  untuk mengetahui perlu atau tidaknya dilakukan intervensi pasar.


 "Mohon diantisipasi kenaikan harga sembako, meskipun cadangan harga pangan kita tersedia lebih dari cukup. Masyarakat rentan dipengaruhi  informasi adanya kenaikan harga barang di luar daerah".  Imbuh Bupati pada Rakor yang menghadirkan para camat, Staf Ahli Bupati Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan Afifudin, SE.,MM, Asisten Pemerintahan dan Kesra Fatahullah S.Pd, Kepala DPMD Kamarudin, S.Sos, Kabag Tata Pemerintahan Setda Irfan DJ, SH, Kabag Hukum H.Amar Makruf,SH  dan Kabag Ekonomi Setda Andi Haris Nasution tersebut.(nm)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.