MotoGP 2023, Siap dari Segala Sisi


Mataram, Media NTB - Jelang perhelatan Moto Grand Prix ( GP) Mandalika yang akan di gelar pada 13 -15 Oktober 2023, pemprov NTB bersama stake Holder terkait terus mematangkan berbagai kesiapan mulai dari infrastruktur hingga event event pendukung lainnya.


 Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat Drs. H. Lalu Gita Ariadi menyampaikan selaku tuan rumah mendukung dan memberikan Fasilitas yang dibutuhkan dengan harapan bisa memberikan kelancaran untuk perhelatan Moto GP Mandalika 2023 tersebut seperti Kordinasi intens dengan Jajaran aparat keamanan menunjukkan kesiapan untuk mengamankan pelaksanaan  acara moto GP 2023. Sisi lain Timsar dan BPBD sudah melakukan pelatihan, Simulasi dan Mitigasi. Tidak lupa PJ Gubernur menggerakan Bidang UMKM agar NTB juga sukses secara ekonomi itu semua tidak luput dari Kordinasi dengan  pihak ITDC, MGPA dan Dyandra. Co.


“Selaku tuan rumah sangat bangga dan bersyukur dan kami Pemrov NTB beserta Stakeholder lainnya  mendukung dan memberikan Fasilitas yang dibutuhkan dengan harapan bisa memberikan kelancaran untuk perhelatan Moto GP Mandalika 2023, NTB juga harus sukses secara Ekonomi menggerakkan UMKM”. Ujar Miq Gite saat Konferensi Pers di Ruang Kerjanya pada Rabu, 11/10/2023.


Miq Gite Juga Menambahkan apa yang menjadi kekurangan tahun lalu sudah di konsolidasikan  dengan sebaik-baiknya. Intinya Pemerintah NTB sangat berperan penting dalam mensukseskan kegiatan Moto GP 2023 menjadi Investasi Pemerintah NTB 10 tahun penyelenggaraan membuat NTB menjadi Destinasi Sport Tourism yang Kokoh di masa yang akan datang. Belajar dari penyelenggaraan GP tahun kemarin jika di lapangan ada pihak Hotel atau Homestay menaikan harga kamar hotel maka Pemerintah NTB akan tindaklanjuti sehingga Spekulasi tersebut tidak akan terulang lagi, mengingat sudah ada satgas yang akan memonitor di lapangan.


“Intinya Pemrov NTB sangat berkepentingan bagi suksesnya kegiatan moto GP ini 10 tahun penyelenggaraan membuat NTB menjadi destinasi sport tourism yang Kokoh di masa yang akan datang. Spekulasi harga hotel tersebut tidak akan terulang lagi, mengingat sudah ada satgas yang akan memonitor di lapangan”. Terang Miq Gite.


Di waktu yang sama Kepala Dinas Pariwisata NTB sekaligus komandan lapangan Moto GP 2023 Jamaluddin, S.Sos., M.T menerangkan belajar dari pengalaman tahun lalu kesiapan Pemerintah NTB dalam menyambut para Penonton Moto GP sudah di persiapkan dengan baik, dari sisi Transportasi, harga kamar hotel agar tidak melambung tinggi, bahkan Pemerintah NTB sudah membuat Satgas Akomodasi Hotel. Kadispar NTB itu juga sudah mempersiapkan Destinasi pariwisata, Desa Wisata sudah untuk menyambut para penikmat Balap Kuda Besi tersebut bahkan Harapannya selain menonton Moto GP mereka juga datang untuk berwisata menikmati Destinasi Wisata yang ada di Lombok maupun di NTB.


“Kami sudah berkordinasi dengan seluruh pelaku industri perhotelan, homestay, termasuk transportasi agar tidak terulang kembali kejadian di tahun 2022, harga kamar hotel yang melambung tinggi, kami sudah buatkan Satgas Akomodasi SK bupati Loteng”. Ujar Kadispar NTB sekaligus Komandan Lapangan Moto GP Mandalika.


Dari Sisi penyelenggara disampaikan langsung oleh Direktur Utama MGPA Priandi Satria,
Kondisi sirkuit tahun 2023 jauh lebih bagus dibandingkan dengan kondisi di tahun 2022, baik dari sisi permukaan, maupun dari sisi kebersihan dan estetika kiri kanan lintasan sangat baik, bahkan Paddok tahun ini jauh lebih bagus.


“Kondisi sirkuit tahun ini jauh lebih bagus dibanding tahun lalu baik dari sisi permukaan, maupun dari sisi kebersihan dan estetika kiri kanan lintasan”. Terang Pak Andi sapaan akrab direktur MGPA tersebut.


Dalam kesempatan yang sama Ditambahkanya Pertamian Mandalika International Sirkuit mendapatkan pujian  dari PIM Regional Australia dengan umur yang masih baru 1 tahun bisa melahirkan Marshall lokal begitu banyak dan independen, dengan jumlah 400 orang Marshall 100% berasak dari putra-putri NTB.


“Saya terharu adalah pernyataan dari PIM bahwa untuk sebuah sirkuit yang umurnya 1 tahun bisa melahirkan marshall lokal yang independen, 400 orang marshall 100% dari putra putri NTB”  Jelas Priadi Satria Direktur Utama MGPA.


Sebagai pengelola dan pengembang kawasan infrastruktur dan penunjang dijelasan Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka, S.E., IAPR  
Memastikan sarana jalan dan parkir sudah sangat bisa menampung kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan kolaborasi dadi Semua Stakeholder, Pemerintah Provinsi, TNI, Polri, Dinas terkait dan masyarakat Lokal.


“Kami pastikan sarana jalan sudah siap, dan area parkir sudah sangat siap bisa menampung kendaraan roda 2 ataupun kendaraan roda 4”. Terang Troy Reza Warokka.


Lanjutnya cukup banyak sarana baru yang sudah di bangun, mulai dari peresmian masjid, Putalen, dan Bazar Mandalika yang menjadi nuansa yang berbeda dalam gelaran event moto GP tahun ini, ITDC memberikan apresiasi kepada pengusaha lokal berupa tempat untuk memperlihatkan produk-produk unggulan NTB.


“ITDC kepada pengusaha lokal dimana pengusaha lokal kami berikan tempat untuk memperlihatkan produk unggulan NTB”. Tutupnya.(nm)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.